Menu Manager PHP MySQL Javascript jQuery

Hi, sobat Jagowebdev, pada kesempatan kali ini kami ingin memperkenalkan produk terbaru kami yaitu aplikasi Menu Manager, aplikasi berbasis web yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MariaDB / MySQL.

Menu Manager Menggunakan PHP MySQL Javascript Jquery
Menu Manager Menggunakan PHP MySQL Javascript Jquery

Tentang Aplikasi PHP Menu Manager

Ketika membuat aplikasi atau website, tentu kita tidak akan lepas dengan masalah pembuatan menu. Pada aplikasi yang sederhana mungkin masalah tersebut cukup diatasi dengan menuliskan coding menu pada file program, hal ini tidak masalah jika file tersebut mudah kita akses, misal di localhost, namun jika file program tersebut lokasinya jauh, misal di remote server, dimana untuk mengaksesnya kita membuatuhkan berbagai perangkat tambahan, maka tentu akan menyulitkan pengelolaan menu tersebut.

Masalah lain timbul ketika aplikasi yang dikembangkan sifatnya multi user dimana menu yang ditampilkan sifatya dinamis, beda user beda menu yang ditampilkan atau menu dikelola oleh berbagai user, pada kondisi demikian, maka akan menjadi sangat sulit jika pembuatan menu dilakukan dengan hard coding di file program, untuk mengatasi permasalahan tersebut kita perlu membuat menu yang bersifat dinamis.

Aplikas Menu Manager yang kami kembangkan ini dapat membantu Anda mengatasi semua permasalahan diatas, Anda dapat membuat dan mengelola menu pada aplikasi Anda dengan sangat mudah, karena aplikasi ini memang didesain agar mudah digunakan dan mudah dipahami.

Lingkungan Pengembangan

Lingkungan pengembangan aplikasi Menu Manager ini adalah sebagai berikut:

  1. Dikembangkan menggunakan PHP 8 native (tanpa framework), telah dites menggunakan XAMPP 8.0.7 (PHP 8.0.7).
  2. Databasenya menggunakan MariaDB 10.4.18 (XAMPP 8.0.7) atau bisa juga menggunakan MySQL.
  3. Untuk bagian front end, menggunakan Ajax, Javascript, HTML 5, CSS 3, sehingga dapat meningkatkan user experience.
  4. Menggunakan Framework Bootstrap 5 dan jQuery 3 yang sudah teruji dengan baik untuk pengembangan aplikasi.
  5. Menggunakan Font Awesome 5 untuk pilihan icon yang akan digunakan pada menu

Fitur Aplikasi Menu Manager

Fitur menarik yang dimiliki aplikasi Menu Manager ini antara lain:

  1. Desain aplikasi yang sangat user friendly.
  2. Support drag and drop desktop dan drag and drop touch pada mobile (smartphone).
  3. Dilengkapi icon picker dengan ratusan icon dari Font Awesome. Icon picker ini digunakan untuk memilih icon yang akan digunakan pada menu.
  4. Grouping menu, menu dikelompokkan berdasarkan group tertentu, sehingga untuk memanggil kelompok menu, tinggal memanggil group nya
  5. Responsive design. Layout aplikasi adaptive sesuai dengan lebar layar perangkat (Desktop, tablet, spartphone).
  6. Dilengkapi dengan contoh implementasi menu pada halaman website (frontend) dan admin (backend) dengan unlimited multi-level dropdown menu
  7. Halaman administrasi menu menggunakan PHP Admin Template Jagowebdev (builtin manajemen user, role, dll), sehingga dapat dengan mudah Anda kembangkan untuk membuat aplikasi baik frontend maupun backend.
  8. Lifetime update. Jika ada pembaruan aplikasi, Anda dapat mendapatkannya secara gratis, kapanpun.

Screenshot Aplikasi PHP Menu Manager

Agar memiliki gambaran mengenai aplikasi menu manager ini, berikut ini beberapa screenshot dari aplikasi, baik dari sisi manajemen menu (backend) maupun contoh penerapan menu (frontend)

Screenshot Backend

Berikut tampilan halaman utama backend dari aplikasi. Tampilan berikut ini merupakan tampilan versi desktop.

Halaman Administrasi Menu Manager
Halaman Administrasi Menu Manager

Berikut tampilan utama backend aplikasi ketika dibuka menggunakan smartphone (mobile layout). Aplikasi ini telah mendukung respon dengan touch sehingga Anda dapat melakukan pengaturan menu dengan melakukan sentuhan pada layar

Halaman Administrasi Aplikasi Menu Manager - Layout Mobile
Halaman Administrasi Aplikasi Menu Manager – Layout Mobil

Berikut contoh tampilan menu edit group. Menu ini muncul ketika kita mengklik icon pencil pada group yang ada disebelah kanan untuk tampilan desktop dan sebelah atas untuk tampilan mobile

Halaman Administrasi Menu Manager - Edit Group
Halaman Administrasi – Edit Group

Berikut contoh tampilan edit menu. menu ini muncul ketika kita mengklik icon pencil pada menu yang ada di sebelah kanan untuk tampilan desktop dan sebelah bawah untuk tampilan mobile.

Halaman Administrasi Menu Manager - Edit Menu
Halaman Administrasi – Edit Menu

Berikut contoh tampilan icon picker dimana kita dapat memilih icon untuk digunakan pada menu. Iconpicker ini muncul ketika kita klik gambar icon pada menu edit menu. Pada module ini tersedia ratusan icon dari font awesome.

Iconpicker
Iconpicker

Screenshot Implementasi Menu

Berikut contoh implementasi menu manager pada website. Menu diletakkan dibagian header dan footer. Bagian header menggunakan icon sedangkan bagian footer tidak menggunakan icon. Menu didedesain sedemikian rupa sehingga menyerupai menu yang umum digunakan pada sebuah website. Script yang disertakan sudah mensupport unlimited multi-level dropdown menu.

Implementasi PHP Menu Manager Pada Website
Implementasi Menu Pada Website – Multi Dropdown

Seperti pada umumnya website yang mendukung responsive design. Contoh implementasi menu ini juga telah di desain sehingga bersifat responsive. Berikut contoh tampilan versi mobilenya.

Implementasi Menu Pada Website - Layout Mobile
Implementasi Menu Pada Website – Layout Mobile

Selain website, pembuatan menu juga diperlukan ketika kita membuat aplikasi, contoh berikut merupakan implementasi menu manager pada Admin Template. Pada contoh kali ini, menu diletakkan pada bagian header, sidebar kiri dan footer.

Implementasi Menu Pada Admin Template
Implementasi Menu Pada Admin Template

Contoh implementasi menu pada aplikasi ini juga telah didesain responsive, sehingga dapat ditampilkan dengan baik sesuai dengan lebar layar perangkat. Berikut contoh tampilan ketika dibuka menggunakan smartphone.

Implementasi Pada Website Layout Mobile
Implementasi Pada Website Layout Mobile

Live Demo Aplikasi

Agar memiliki gambaran bagaimana cara kerja aplikasi Menu Manager yang kami kembangkan ini, Anda dapat mencoba demonya melalui halaman berikut ini:

Investasi

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda perlu untuk join membership premium Jagowebdev. Dengan menjadi member premium, selain mendapatkan aplikasi Menu Manager ini, Anda juga akan mendapatkan berbagai resource berkualitas lainnya.

Biaya investasi saat ini termasuk ringan, biaya dapat berubah sewaktu waktu, so grab it fast, segera join membership premium.

Join Member Premium

Silakan tinggalkan komentar

Newsletter

Jadilah yang pertama tahu berita terbaru dari Jagowebdev.com

Like Us