Aplikasi Kompres dan Optimasi Gambar / Foto Online – Tested

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas aplikasi online terbaik yang dapat digunakan untuk meng kompres / meng optimasi gambar atau foto (jpg dan png) tanpa mengurangi kualitas gambar.

Kenapa aplikasi online?

Kami sudah mencoba berbagai software / aplikasi kompresi gambar offline seperti FileMinimizer, PNG Gauntlet, dll namun demikian hasilnya kurang memuaskan, sehingga kami beralih menggunakan versi web-based (online).

Daftar isi:

Sample Gambar

Kali ini kita akan menguji aplikasi dengan mengkompres dua jenis gambar yaitu (1) Foto dengan tipe image JPG dan (2) Vector dengan tipe image PNG. Agar hasil pengujian lebih objektif, kami menggunakan beberapa gambar dengan kriteria: Untuk foto, kami mencoba 2 gambar:

  1. Gambar dengan banyak warna dengan pencahayaan gelap, hal ini untuk menguji apakah hasil kompresi akan berpengaruh dengan warna gambar.
  2. Gambar dengan teks, hal ini menguji apakah hasil kompresi akan menurunkan kualitas gambar (teks menjadi buram).
  3. Gambar dengan warna gradasi, hal ini untuk menguji apakah aplikasi dapat bekerja baik pada warna gradasi (gradasi tidak putus putus).

Foto (file .jpg) dan Vector (file .png) yang akan kita gunakan dalam pengujian kali ini adalah sebagai berikut:

1. Gambar Foto

2. Gambar Vector

Lossly VS Lossless

Ketika meng-kompres gambar, terdapat dua metode kompresi yang umum digunakan yaitu lossy dan lossless. Masing masing aplikasi yang kita uji menyediakan fitur ini, baik salah satu maupun keduanya.

Pada metode lossy, gambar dikompres sedemikian rupa sehingga menghasilkan ukuran yang sangat kecil hingga 90% dari ukuran aslinya.

Dengan metode lossy, gambar diproses ulang (seperti encoding ulang) sehingga pada kondisi tertentu dapat menurunkan kualitas gambar, namun demikian, seringnya hasil kompresi mirip dengan aslinya, tidak dapat dilihat perbedaannya.

Pada metode lossless, gambar dikompres namun tidak diproses ulang sehingga kualitas gambar sama dengan aslinya, pada metode ini, ukuran file gambar hasil kompresi cenderung mirip dengan ukuran aslinya.

Untuk file PNG motode kompresi yang digunakan selalu lossless.

I. Review Aplikasi Kompres dan Optimasi Gambar

Di internet terdapat cukup banyak aplikasi online untuk mengkompres gambar, beberapa aplikasi sepertinya sama namun dengan nama yang berbeda, penulis telah mencoba barbagai aplikasi tersebut dan memilih 7 yang patut untuk Anda coba.

1. Kraken.io

Kompres Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - Kraken

Aplikasi ini menyediakan web interface yang bebas digunakan untuk meng kompres file. Web Interface ini mendukung berbagai tipe file image: JPG, PNG, GIF, dan SVG. Versi gratis aplikasi ini dibatasi hanya dapat mengupload gambar dengan ukuran maksimal sebesar 1 Mb dan waktu download gambar hasil kompres selama 12 jam.

Berbagai fitur yang disediakan:

  • Upload file gambar dari komputer (satu atau banyak sekaligus) dan dari url (pro), atau dari webpage (pro).
  • Upload beberapa file sekaligus dari komputer dalam bentuk file .zip (pro).
  • Impor gambar dari cloud storage: Dropbox, Google Drive, dan Box.
  • Terdapat opsi metode kompresi: lossy, lossless, atau expert.
  • Terdapat opsi untuk mengubah ukuran gambar (pro).
  • Maksimal file 1 MB (free) dan 35 Mb (pro).
  • Tersedia plugin WordPress dan Joomla extension.
  • Menyediakan API untuk otomasi kompresi gambar

Untungnya: Untuk menggunakan versi pro, anda cukup register sebagai member dengan biaya gratis. Pada free plan, anda akan mendapatkan kuota sebesar 100 Mb per bulan.

File hasil kompresi dapat didownload satu persatu atau sekaligus dalam bentuk file .zip, selain itu, file hasil kompresi juga dapat langsung diupload ke Dropbox.

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompresi sangat baik, diatas rata-rata, baik untuk file foto (.jpg) maupun vector (.png). Ukuran file hasil kompresi aplikasi ini tergolong cukup besar (paling besar) jika dibandingkan dengan yang lain.

Visit Kraken

2. SortPixel

Shortpixel Website
Shortpixel Website

Shortpixel merupakan aplikasi online image compressor yang dapat digunakan untuk mengkompres berbagai file, yaitu JPG, PNG, GIF, PDF, WebP, dan Avif.

File yang dapat diupload maksimal sebanyak 50 gambar, dengan ukuran file masing masing maksimal sebesar 10Mb. Jika kita ingin mengkompres lebih dari 50 gambar, kita diharuskan untuk register (Free) dan mendapat kuota 100 gambar / bulan

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompresi termasuk baik, baik untuk file foto (.jpg) maupun vector (.png). Namun demikian, pada file foto (.jpg), terjadi sedikit penurunan kualitas, namun jika tidak diperhatikan secara detil, penurunan kualitas tersebut tidak kelihatan, contoh sebagai berikut:

Shortpixel Compare Photo
Shortpixel Compare Photo

Penurunan kualitas ini wajar karena kompresinya tinggi dimana file yang dihasilkan jauh lebih kecil dibanding aplikasi kompresi lainnya

Sedangkan pada beberapa file vector yang mengandung warna gradasi, warna gradasi tersebut menjadi putus putus, contoh sebagai berikut:

Shortpixel Compare Vector
Shortpixel Compare Vector

Hal ini mungkin juga karena kompresi gambarnya yang tinggi atau mungkin juga disebabkan karena jenis gambarnya. Penurunan kualitas tersebut tidak terjadi di file lain, misal foto berikut:

Shortpixel Vector Dengan Gradient
Shortpixel Kompres Vector Dengan Gradient

Atau gambar vector construction.png berikut:

Compress Vector Dengan Shortpixel
Compress Gambar Vector Dengan Shortpixel

Namun demikian, ukuran file yang dihasilkan oleh aplikasi ini sangat kecil, paling kecil diantara yang lain, sehingga jika anda mengutamakan ukuran file, aplikasi ini dapat menjadi pertimbangan.

Visit Shortpixel

3. TinyJPG

TinyJPG Website
TinyJPG Website

Aplikasi kompres image online ini menyediakan web interface yang dapat digunakan untuk mengkompres gambar bertipe JPG dan PNG. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan plugin untuk photoshop.

Maksimal jumlah gambar yang dapat diupload sebanyak 20 gambar dengan ukuran maksimal untuk masing masing gambar sebesar 5Mb.

Fitur:

  • Upload satu atau beberapa gambar sekaligus dari komputer.
  • Hasil kompresi gambar dapat didownload secara individual maupun semuanya sekaligus dalam bentuk file .zip. Selain itu, file hasil kompres dapat langsung di upload ke dropbox.
  • Photoshop plugin (berbayar).
  • WordPress plugin.
  • Magento extension.
  • Menyediakan API untuk otomasi kompresi gambar.

Anda dapat menggunakan layanan tinyJPG secara gratis dengan kuota 500 gambar perbulan, selanjutnya akan dikenakan biaya $0.009 atau $0.002 per image

Aplikasi ini juga sudah terintegrasi di beberapa CMS seperti Joomla, Drupal, dan WordPress.

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompresi aplikasi ini tergolong baik, baik untuk file gambar (.jpg) maupun vector (.png). Namun untuk gambar vector, pada bagian tertentu terdapat bagian yang hilang, perhatikan bagian jembatan pada gambar berikut:

Compress Gambar Dengan TinyJPG
Compress Gambar Vector Dengan TinyJPG

Visit TinyJPG

4. Imagify

Website Depan Imagify
Website Imagify

Aplikasi kopresi online yang dapat digunakan untuk mengkompres foto, image, maupun PDF

Untuk kompres gambar melalui web interface, Anda diharuskan register terlebih dahulu. Setiap user diberi kuota 20 Mb per bulan

Fitur:

  • One click compress. Kompres beberapa file gambar sekaligus
  • Keep metadata foto (exif file)
  • Resize image on the fly
  • Auto convert PNG to JPG (pro)
  • Menyediakan API.
  • Tersedia dalam bentuk plugin wordpress.

Hasil kompresi:

Dari ujicoba kami, terdapat beberapa foto yang tidak dapat dikompres karena menurut aplikasi ini foto tersebut sudah terkompresi, berikut pesannya: WELL DONE. This image is already compressed, no further compression required.

Hasil kompresi tergolong bagus, tidak terlihat adanya penurunan kualitas, namun demikian ukuran file yang dihasilkan paling besar diantara aplikasi kompresi lainnya.

Visit Imagify

5. Compressor

Website Compressori.o
Website Compressori.o

Aplikasi kompresi gambar online full ajax yang mendukung berbagai tipe file gambar, yaitu JPEG, PNG, SVG, GIF, dan WEBP.

Compressor tidak membatasi jumlah fie yang dapat diupload, namun hanya membatasi besarnya file yang diupload yaitu maksimal sebesar 10 Mb

Fitur:

  • Drag and drop upload file dari komputer (satu atau banyak file sekaligus)
  • Mendukung opsi metode kompresi, lossy, lossles, dan custom (pro)
  • Preserve metadatas (Pro).
  • API: Belum tersedia
  • CMS Plugin (WordPress dll): Belum tersedia

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompesi tergolong bagus, tidak terlihat adanya penurunan kualitas gambar baik untuk foto (.jpg) maupun vector (.png).

Visit Compressor

6. Optimzilla

Kompres Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - Optimizilla

Optimizilla merupakan aplikasi online yang dapat digunakan untuk mengkompres gambar JPG dan PNG. Aplikasi ini mirip dengan compressjpeg.com dan compresspng.com

Aplikasi ini menyediakan opsi untuk mengatur kualitas gambar skala 1-100 (opsi default 90). Selain itu juga terdapat preview yang dapat digunakan untuk membandingkan gambar sebelum dan sesudah kompresi.

Fitur:

  • Upload satu atau beberapa file gambar dari komputer (dengan menyeleksi semua gambar yang ingin dupload).
  • Gambar hasil kompresi dapat didownload sekaligus dalam bentuk file .zip
  • Terdapat opsi untuk mengatur kualitas gambar skala 1-100 dan real-time preview yang menampilkan gambar hasil kompresi pada level tersebut.

Hasil kompresi:

Hasil kompresi baik untuk file JPEG dan PNG tergolong bagus, tidak terlihat adanya penurunan kualitas gambar baik foto (.jpg) maupun vector (.png) .

Visit Optimizilla

7. ImageRecycle

Website Image Recycle
Website Image Recycle

Image Recycle merupakan salah satu aplikasi kompresi image gratis yang powerful yang dapat digunakan untuk mengkompres file JPG, PNG, dan GIF. Selain gambar, ImageRecycle juga dapat digunakan untuk mengkompres file PDF.

Fitur:

  • Upload file gambar dari komputer (satu per satu)
  • File hasil kompresi tidak dapat di download sekaligus, harus satu per satu.
  • Tidak ada batasan jumlah dan ukuran file.
  • Mendukung lossy dan lossless compression.
  • Tersedia dalam bentuk plugin WordPress, Joomla, Magento, dll.
  • Terdapat opsi untuk mengubah ukuran gambar dan opsi untuk tidak menghapus metadata (pro).
  • Kompres gambar dari URL (pro).
  • Kompres gambar pada halaman website (pro)

Versi pro dari aplikasi ini ditawarkan dengan harga mulai $10 dengan kuota 10.000 gambar per tahun.

Jika dibanding dengan Kraken dan TinyJPG versi premium dari aplikasi ini menawarkan fitur yang lebih komplet, dan lebih baik, perbandingannya dapat dilihat disini.

Hasil Kompresi:

Kualitas gambar hasil kompesi tergolong bagus, tidak terlihat adanya penurunan kualitas gambar baik untuk foto (.jpg) maupun vector (.png).

Visit ImageRecycle

II. Perbandingan Fitur

Pada pembahasan diatas, kita telah membahas dengan detail fitur dari masing masing aplikasi. Agar lebih mudah dibandingkan, kami sajikan perbedaan tersebut dalam bentuk tabel sebagai berikut:

AplikasiWeb UploadQuota BulananFile TypeLossy & Lossless
KrakenUnlimited Image, max 1 Mb / image100 MbJPEG, PNG, GIF, SVGLossy, Lossless, Custom
Compressor50 Image/hari, max 10 Mb / imageNoJPEG, PNG, GIF, SVGLossy, Lossless, Custom
Shortpixel50 Image, max 10 Mb / image 100 ImageJPEG, PNG, GIF, PDFLossy, Lossless, Glossy
Imagify20 Mb / Bulan20 MbJPEG, PNG, GIFNormal, Aggresive, Ultra
TinyJPG20 Image, max 5 Mb / Image500 ImageJPEG, PNG
Optimizilla20 ImageNoJPEG, PNG
ImageRecycleNo LimitationTrial 15 Hari / 100 MbJPEG, PNG, GIF, PDF
Tabel Perbandingan Fitur Aplikasi

III. Perbandingan Hasil Kompresi

Hasil kompresi masing masing aplikasi memiliki ukuran file yang berbeda beda tergantung dari kualitas gambar yang dihasilkan. Berikut ini perbandingan ukuran file hasil kompresi dari masing masing aplikasi:

NamaFile SizeCompressorKrakenShortpixelImagifyTinyJPGOptimizillaImageRecycle
Books.jpg667 Kb358 Kb651 Kb217 Kb667 Kb422 Kb667 Kb615 Kb
Lamps.jpg419 Kb243 Kb417 Kb172 Kb419 Kb348 Kb416 Kb380 Kb
Ballon.jpg140 Kb61 Kb121 Kb39 Kb48 Kb87 Kb131 Kb129 Kb
Lanscape.png305 Kb88 Kb92 Kb97 Kb123 Kb80 Kb93 Kb96 Kb
Person.png455 Kb191 Kb130 Kb89 Kb302 Kb153 Kb184 Kb137 Kb
Construction.png531 Kb194 Kb155 Kb150 Kb276 Kb173 Kb210 Kb158 Kb
Tabel Perbandingan Ukuran FIle Hasil Kompresi

Dari tabel diatas terlihat bahwa untuk foto (file .jpg) pada Shortpixel menghasilkan output file terkecil, sedangkan Optimizilla menghasilkan output file terbesar. Sedangkan untuk gambar vector, Shortpixel juga menghasilkan output file terkecil, sedangkan Imagify menghasilkan output terbesar

Ukuran file yang dihasilkan oleh masing masing aplikasi berbanding lurus dengan kualitas gambar hasil kompresi, semakin besar ukuran file biasanya semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

Download Perbandingan Gambar

IV. Jadi, Mana Yang Sebaiknya Digunakan?

Dari hasil pengujian berbagai aplikasi kompresi gambar, dapat ditarik kesimpulan bahwa shortpixel menghasilkan output file paling kecil baik untuk file foto maupun vector, meskipun ada penurunan kualitas warna gradasi gambar vector, mungkin disebabkan karena gambarnya saja.

Pengguna shortpixel ini sangat banyak, di wordpress penggunanya 300.000 lebih, paling banyak dibanding aplikasi sejenis. Untuk itu, Anda dapat memulai dengan mencoba menggunakan shortpixel, jika kemudian dirasa kurang pas, bisa mencoba menggunakan aplikasi yang lain seperti TinyJPG atau Kraken

Demikan pembahasan mengenai Aplikasi kompres dan optimasi gambar online, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Pengujian diatas bersifat subjektif, sehingga hasil yang Anda dapatkan bisa jadi berbeda dengan hasil yang ada disini, hal tersebut bisa jadi karena perbedaan bentuk, ukuran, dan kompleksitas gambar yang dikompres.

Subscibe Now

Suka dengan artikel di Jagowebdev.com? jangan sampai ketinggalan, segera join ke milis kami untuk update informasi terbaru dari Jagowebdev.com

Komitmen Kami: Kami senantiasa menghargai privasi Anda dan tidak akan membagikan identitas Anda ke pihak manapun.

Satu Feedback dari pembaca

Silakan tinggalkan komentar

Newsletter

Jadilah yang pertama tahu berita terbaru dari Jagowebdev.com

Like Us