Aplikasi Survey Online Berbasis Web

Pada kesempatan kali ini kami ingin memperkenalkan produk terbaru kami yaitu aplikasi survey online berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL / MariaDB. Aplikasi ini akan mempermudah Anda untuk membuat berbagai survey maupun poling baik secara online maupun offline.

Aplikasi Survey Online Berbasis Web - Jagowebdev
Aplikasi Survey Online Berbasis Web – Jagowebdev

Seperti aplikasi lain yang kami kembangkan sebelumnya, aplikasi survey online yang kami kembangkan ini sudah kami lengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap dan fleksibel. Anda dapat membuat berbagai macam jenis survey maupun poling mulai dari poling singkat hingga survey yang panjang.

Aplikasi Survey atau Aplikasi Polling ?

Pada prinsipnya keduanya sama, baik aplikasi survey maupun aplikasi polling online keduanya sama sama digunakan untuk mengumpulkan feedback user. Aplikasi yang kami kembangkan ini dapat digunakan dengan baik untuk keduanya, baik survey maupun polling.

I. Fitur Utama Aplikasi Survey Online

Aplikasi survey / polling online ini memiliki berbagai fitur menarik, diantaranya adalah:

  1. Dikembangkan menggunakan PHP 8 dan MariaDB (kompatibel dengan PHP versi 7 dan sebelumnya).
  2. Menyajikan respon dengan berbagai model, ekspor respon ke excel, dan kirim email hasil respon
  3. Dual mode. Dapat menentukan responden, apakah hanya untuk user yang teregistrasi atau untuk semua orang.
  4. Builtin rich text editor. Dapat menyajikan berbagai model teks, gambar, maupun tabel pada survey.
  5. Unlimited respon validation. Validasi respon yang tidak terbatas.
  6. Easy GUI. Dengan full GUI, penyusunan dan pengaturan pertanyaan dapat dilakukan dengan mudah (drag and drop).
  7. Mobile friendly dan mobile touch support.

II. Module Pertanyaan

Inti dari pembuatan survey adalah penyusunan pertanyaan yang jelas dan menarik. Dengan memahami konsep tersebut, kami mengembangkan aplikasi sedemikian rupa sehingga manajemen pertanyaan dapat dilakukan dengan mudah dan fleksibel dengan hasil yang menarik.

1. Pilihan opsi pertanyaan

Aplikasi Survey ini telah dilengkapi dengan 5 jenis pertanyaan, yaitu:

  1. Pertanyaan dengan jawaban pendek.
  2. Pertanyaan dengan jawaban panjang.
  3. Pertanyaan multiple choice dengan radio button.
  4. Pertanyaan multiple choice dengan checkbox button.
  5. Pertanyaan multiple choice dengan dropdown.

Adapun tampilannya adalah sebagai berikut:

Pilihan Jenis Pertanyaan
Pilihan Jenis Pertanyaan

2. Rich Text Editor

Ketika membuat polling atau survey, terkadang kita perlu untuk menyisipkan teks dengan format yang kompleks, misal ketika memberikan pengantar survey, menjelaskan cara pengisian survey, atau hanya sekadar memberi heading pada bagian tertentu dari survey.

Untuk keperluan tersebut, kami telah menyediakan rich text editor yang memungkinkan Anda untuk membuat teks dengan format yang tidak terbatas, mulai dari membuat heading sederhana, membuat list, hingga menyisipkan gambar, tabel.

Sebagai contoh kita dapat membuat pengantar survey dengan format sebagai berikut:

Rich Text Editor Pada Aplikasi Survey Online Berbasis Web
Rich Text Editor Pada Aplikasi Survey Online Berbasis Web

Atau menyisipkan petunjuk cara pengisian survey sebagai berikut

Menyisipkan Rich Text Editor - Aplikasi Survey Online
Menyisipkan Rich Text Editor – Aplikasi Survey Online

3. Mengatur Urutan Pertanyaan

Dalam survey, agar pertanyaan runtut maka urutan pertanyaan harus tepat, hal tersebut menjadi concern kami ketika mengembangkan aplikasi ini, untuk itu kami mendesain sedemikian rupa aplikasi sehingga pertanyaan dapat diurutkan dengan mudah.

Kami telah menyediakan dua cara untuk mengubah urutan pertanyaan, yaitu dengan model drag and drop, dimana kita tinggal mengklik container pertanyaan dan menggesernya ke posisi yang diinginkan, contoh sebagai berikut.

Mengatur Urutan Pertanyaan Dengan Drag and Drop - Aplikasi Survey Online
Mengatur Urutan Pertanyaan Dengan Drag and Drop – Aplikasi Survey Online

dan menggunakan menu move. Penggunaan menu ini bermanfaat jika isi teks panjang sehingga tidak memungkinkan menggunakan drag and drop. Contoh penggunaan menu move adalah sebagai berikut

Mengatur Urutan Pertanyaan Melalui Menu Move - Aplikasi Survey Online
Mengatur Urutan Pertanyaan Melalui Menu Move

4. Mengatur Urutan Jawaban

Selain pertanyaan, Anda juga dapat mengatur urutan jawaban dengan mudah yaitu dengan cara drag and drop. Pengaturan urutan jawaban ini dapat dilakukan dalam hal bentuk jawabannya adalah multiple choice.

Berikut contoh tampilannya:

Mengatur Urutan Jawaban Dengan Drag and Drop - Aplikasi Survey Online
Mengatur Urutan Jawaban Dengan Drag and Drop

5. Opsi Lainnya

Ketika menyediakan jawaban untuk responden, terkadang jawaban tersebut tidak dapat mengakomodir semua alternatif yang ada, sehingga kita perlu menyediakan opsi lainnya, dengan opsi lainnya tersebut responden dapat mengisi sendiri jawaban yang mereka inginkan.

Opsi lainnya ini dapat digunakan untuk tipe pertanyaan Radio, Checkbox, dan Dropdown. Berikut contoh tampilan pengaturannya

Jawaban Dengan Opsi Lainnya - Aplikasi Survey Online
Jawaban Dengan Opsi Lainnya – Aplikasi Survey Online

Sedangkan contoh tampilan hasilnya pada form survey adalah sebagai berikut:

Tampilan Pertanyaan Dengan Opsi Lainnya
Tampilan Pertanyaan Dengan Opsi Lainnya

6. Menambah dan Menghapus Pertanyaan

Ketika membuat survey tentu kita perlu untuk dapat menambah maupun menghapus pertanyaan. Pada aplikasi survey online ini, penambahan pertanyaan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menduplikasi pertanyaan yang sudah ada maupun membuat pertanyaan baru.

Menduplikasi pertanyaan yang sudah ada bermanfaat ketika kita membuat survey yang memiliki pilihan jawaban yang sama, seperti survey kepuasan pelanggan yang pilihan jawabannya hanya Tidak Setuju, Kurang Setuju, Netral, Setuju, dan Sangat Setuju.

Penambahan, penghapusan, maupun duplikasi pertanyaan dapat dilakukan melalui menu yang ada di toolbar yang berada dibagian bawah setiap pertanyaan.

Menambah, Menghapus, dan Menggandakan Pertanyaan
Menambah, Menghapus, dan Menggandakan Pertanyaan

7. Validasi Respon

Ketika menyediakan pertanyaan kepada responden, kita ingin agar jawaban yang diberikan oleh responden seakurat mungkin. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memberikan validasi atas jawaban yang diberikan oleh user.

Aplikasi survey online ini telah menyediakan berbagai validasi untuk meminimalisir kesalahan input yang dilakukan oleh responden. Berikut conton pengaturan validasi:

Penggunaan Validasi Respon Pada Aplikasi Survey Online
Penggunaan Validasi Respon Pada Aplikasi Survey Online

Pada contoh diatas, validasi digunakan untuk mamastikan bahwa jawaban yang diberikan user hanya berupa angka dengan jumlah digit sebanyak 18 digit.

Pada aplikasi ini, validasi respon dapat diterapkan dengan tidak terbatas, Anda bisa mengkombinasikan berbagai validasi yang ada sesuai dengan kebutuhan. Adapun jenis validasi yang tersedia adalah sebagai berikut

Jenis Validasi Pada Aplikasi Survey Online
Jenis Validasi Pada Aplikasi Survey Online

Ketika responsen mensubmit form survey, sistem akan mengecek jawaban responden dengan validasi yang telah ditetapkan, pengecekan ini dilakukan di sisi server (dengan PHP). Selain pada sisi server, validasi juga langsung diterapkan pada sisi client (dengan javascript), sehingga pada contoh diatas, jika user menginputkan karakter non angka, maka otomatis akan terhapus.

8. Tampilan Ringkas

Ketika membuat survey, terkadang kita harus menyediakan banyak jawaban untuk suatu pertanyaan. Banyaknya jawaban tersebut terkadang mengakibatkan bentuk pertanyaan mejadi panjang kebawah hingga memenuhi layar.

Agar tampilan lebih ringkas, kita dapat mengklik tompol “Tampilan Ringkas” yang ada di menu sebelah bawah.

Menu Tampilan Ringkas
Menu Tampilan Ringkas

II. Module Respon

Aplikasi survey online ini menyediakan halaman respon yang didalamnya terdapat pilihan model penyajian data.

1. Penyajian Respon Yang Komprehensif

Pada aplikasi survey online ini, respon disajikan secara komprehensif dengan berbagi model penyajian data, mulai dari respon individual, respon resume, respon per user, hingga ekspor hasil respon ke format tertentu sekaligus mengirimkannya ke alamat email yang telah ditentukan.

Berikut contoh tampilan halaman respon

Tampilan Menu Respon Yang Komprehensif - Aplikasi Survey Online
Tampilan Menu Respon Yang Komprehensif

2. Respon Bentuk Resume

Repon survey dapat disajikan dalam bentuk resume, dengan bentuk resume ini, pertanyaan multiple choice disajikan dalam bentuk grafik chart sehingga langsung dapat diketahui statistik jawaban atas pertanyaan tersebut, seperti banyaknya responden yang memilih jawaban tertentu.

Contoh tampilannya adalah sebagai berikut:

Tampilan Resume Respon Pada Aplikasi Survey Online
Tampilan Resume Respon Pada Aplikasi Survey Online

Sedangkan untuk respon berupa inputan user, misal seperti nama atau email , jawaban akan ditampilkan secara individual, karena jawaban tersebut berbeda beda sehingga tidak bisa ditampilkan dalam bentuk grafik.

3. Respon Bentuk Individual

Selain bentuk resume, respon juga dapat ditampilkan secara individual, dengan model ini, kita dapat melihat respon satu persatu. Selain itu kita juga dapat mengedit maupun menghapus respon tertentu.

Tampilan Respon Individual - Aplikasi Survey Online
Tampilan Respon Individual – Aplikasi Survey Online

4. Daftar User Yang Mengikuti Survey

Jika survey hanya diperuntukkan bagi user yang login, maka pada halaman respon akan muncul link untuk melihat daftar user yang mengikuti survey tersebut. Adapun tampilannya adalah sebagai berikut:

Tampilan Daftar User Yang Mengikuti Survey
Tampilan Daftar User Yang Mengikuti Survey Online

5. Ekspor Excel dan Kirim Email

Aplikasi Survey Online ini telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengekspor respon ke file excel, selain itu, Anda juga dapat mengirim file excel tersebut ke email yang telah ditentukan.

III. Responsive Design dan Mobile Touch Support

Fitur responsive design atau mobile friendly saat merupakan fitur yang wajib dimiliki oleh aplikasi. Demikian juga dengan aplikasi survey online ini, aplikasi tetap terlihat bagus dan mudah dioperasikan ketika dibuka di perangkat mobile, selain itu, aplikasi juga telah mendukung antar muka finger touch sehingga mudah dioprasikan dengan jari.

Berikut contoh tampilan dan touch support ketika mengubah urutan pertanyaan.

Mobile Friendly dan Touch Support - Aplikasi Survey Online
Mobile Friendly dan Touch Support

Contoh mobile friendly dan touch support ketika mengubah urutan pertanyaan

Mobile Friendly dan Touch Support Pada Aplikasi Survey Online
Mobile Friendly dan Touch Support – Menu Pengaturan Jawaban

IV. Setting Global Survey

Anda dapat melakukan berbagai pengaturan survey secara global melalui menu setting survey. Pada menu ini, Anda dapat melakukan pengaturan diantaranya:

  • Pengaturan zona waktu
  • Pengaturan multiple submit, apakah responden diperbolehkan mengikuti survey lebih dari sekali.
  • Pengaturan alamat email penerima dalam hal file ekspor hasil respon akan dikirim via email.

Adapun tampilannya adalah sebagai berikut:

Halaman Setting Global Survey
Halaman Setting Global Survey

V. Dual Model

Aplikasi Survey Online ini memungkinkan Anda untuk mengatur siapa saja yang boleh mengikuti survey, apakah semua orang bisa mengikuti atau hanya user terdaftar saja yang boleh mengikuti survey. Dengan model seperti ini, maka Anda akan lebih leluasa ketika membuat survey, apakah ditujukan untuk kalangan terbatas atau untuk semua orang.

Berikut contoh pengaturanya.

Tampilan Menu Survey
Tampilan Menu Survey

Selain itu pengaturan survey juga dapat dilakukan lebih detil seperti pengaturan tanggal mulai dan tanggal selesai survey.

Tampilan Menu Pengaturan Survey
Tampilan Menu Pengaturan Survey

VI. Powerfull Backend dan Database

Backend dari aplikasi ini menggunakan aplikasi PHP Admin Template yang telah kami kembangkan sebelumnya. Dengan Admin Template ini, Anda dapat mengembangkan backend dengan mudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi PHP Admin Template ini juga disertakan dalam paket Aplikasi Survey Online ini.

Tampilan Javascript Library Echarts
PHP Admin Template – Jagowebdev

VII. Sistem Registrasi

Aplikasi Survey Online ini sudah menyediakan sistem registrasi user dengan berbagai metode verifikasi yang dapat diatur dengan mudah. Terdapat tiga model verifikasi yang dapat digunakan yaitu:

  • Verifikasi via email. Setelah user melakukan registrasi, link aktivasi akan dikirim ke alamat email user.
  • Verifikasi langsung. Setelah user melakukan registrasi, akun user langsung aktif dan langsung dapat login ke sistem.
  • Verifikasi manual. Setelah user melakukan registrasi, Admin perlu mengaktifkan akun user tersebut secara manual.

Berikut contoh tampilan halaman registrasi akun.

Halaman Registrasi Akun
Halaman Registrasi Akun

Sistem registrasi ini juga sudah dilengkapi dengan sistem lupa password, ganti password, maupun kirim ulang link aktivasi via email.

VIII. Builtin Survey

Pada aplikasi survey online ini, kami telah menyertakan beberapa demo survey untuk memberikan gambaran bagaimana membuat survey menggunakan aplikasi ini. Beberapa demo diantaranya adalah:

1. Survey Kepuasan Pelanggan

Survey kepuasan pelangga merupakan survey yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan, pada survey ini, biasanya jawaban yang disediakan berupa skor 1 – 5 atau pilihan kata antara “Tidak Setuju” hingga “Sangat Setuju”.

Pada aplikasi survey online ini, contoh survey kepuasan pelanggan berupa survey kualitas website kominfo. Survey ini hanya sampel saja sehingga tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Contoh tampilan survey nya dapat dilihat di halaman ini.

Survey Kualitas Website
Survey Kualitas Website

2. Polling Pilihan Kaos Komunitas

Contoh berikutnya adalah polling pilihan kaos komunitas Jagowebdev. Polling ini untuk memberikan contoh penggunaan rich text editor untuk membuat text dengan format tertentu dan menyisipkan gambar pada teks.

Berikut contoh tampilannya.

Polling Kaos Komunitas Jagowebdev
Polling Kaos Komunitas Jagowebdev

Untuk contoh pollingnya dapat mengunjungin halaman ini.

3. Survey Minat Bahasa Pemrograman

Contoh ketiga adalah survey minat bahasa pemrograman. Survey ini untuk memberikan contoh penerapan validasi untuk berbagai kriteria inputan seperti nama yang hanya mengandung huruf dan spasi, rentang usia harus diisi antara 1 – 55 tahun, email harus mengandung gmail.com, dll

Contoh tampilannya adalah sebagai berikut

Survey Minat Bahasa Pemrograman
Survey Minat Bahasa Pemrograman

Untuk contoh tampilan halaman surveynya dapat mengunjungi halaman ini.

IX. Biaya Investasi Apliaksi Survey Online

Jika Anda berminat dengan aplikasi ini (include PHP Admin Template) Anda bisa mengunjungi halaman ini untuk order. Pembelian lisensi hanya sekali dan free lifetime update (selama ada update aplikasi)

Note: Biaya investasi dapat berubah sewaktu waktu seiring dengan penambahan fitur aplikasi. So grab it fast

X. Penutup

Demikian pembahasan mengenai aplikasi survey online, semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Jagowebdev.

Silakan tinggalkan komentar

Newsletter

Jadilah yang pertama tahu berita terbaru dari Jagowebdev.com

Like Us