Gallery Foto Dengan PHP, jQuery, dan CSS 3

Aplikasi Photo Gallery - Gallery Foro Dengan PHP Javascript jQuery
Aplikasi Photo Gallery – Gallery Foto Dengan PHP Javascript jQuery

Pada kesempatan kali ini kami akan memperkenalkan produk terbaru kami yaitu aplikasi gallery foto dengan PHP, jQuery, dan CSS, dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu susah susah lagi mendesain dan membuat aplikasi gallery foto dari awal, yang tentu saja akan memakan banyak waktu, tenaga, dan pikiran.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik mulai dari manajemen foto hingga menampilkan foto pada halaman website. Fitur fitur yang kami sertakan ini selain akan mempermudah pengelolaan foto juga akan membuat gallery foto Anda terlihat lebih canggih, lebih atraktif, dan lebih menarik.

Lingkungan Pengambangan Aplikasi Photo Gallery

Aplikasi Photo Gallery ini dikembangkan menggunakan software berikut:

  1. Menggunakan PHP 8, dapat juga berjalan dengan baik pada PHP 7 dan PHP versi sebelumnya (minimal PHP 5.4).
  2. Menggunakan database Maria DB / MySQL. Telah diuji menggunakan bundle XAMPP 8.0.7
  3. Menggunakan Javascript dan framework jQuery terbaru.
  4. Menggunakan framework CSS bootstrap terbaru yaitu Bootstrap 5 dan Font Awesome terbaru yaitu Font Awesome 5.

Fitur Aplikasi Gallery Foto

Aplikasi Gallery Foto yang kami kembangkan ini memiliki berbagai fitur canggih, diantaranya sebagai berikut:

1. Drag and Drop Kategori Gallery

Full Feature Drag and Drop User Interface. Anda dapat mengatur urutan Kategori, mengaktifkan maupun menonaktifkan, hanya dengan drag and drop saja pada handle masing masing kategori, sangat praktis.

Pengaturan Kategori Gallery pada Halaman Backend
Pengaturan Kategori Gallery pada Halaman Backend

Selain itu, Anda juga dapat mengedit dan menghapus kategori dengan mengklik icon pencil atau icon keranjang sampah.

2. Drag and Drop Gallery Foto

Selain kategori, Anda juga dapat mengatur urutan gallery foto dengan drag and drop. Pengaturan ini menggunakan Ajax sehingga ketika urutan berubah maka otomatis data pada database ikut berubah, tanpa perlu merefresh halaman maupun notifikasi yang mengganggu. Berikut ini contoh tampilannya.

Pengaturan Gallery Dengan Drag and Drop - Gallery Manager
Pengaturan Gallery Foto Dengan Drag and Drop – Gallery Manager

Selain mengubah urutan foto, Anda juga dapat mengubah kategori foto dengan mengklik icon folder dan menghapus foto dengan mengklik icon silang, kedua proses ini juga dilakukan menggunakan Ajax sehingga lebih nyaman untuk dioperasikan.

3. Built In Filepicker

Untuk memudahkan Anda memilih gambar yang ingin disertakan kedalam gallery foto, kami telah menyediakan plugin filepicker, plugin untuk memilih image/file yang khusus kami kembangkan untuk member Jagowebdev. Dengan plugin ini, Anda dapat dengan mudah memilih foto yang Anda inginkan. Pada plugin ini, Anda juga dapat mengatur Judul, Caption, maupun Deskripsi dari Image / Foto.

Adapun tampilan plugin filepicker adalah sebagai berikut:

Filepicker - Plugin Javascript Untuk Memilih File Image
Filepicker – Plugin Javascript Untuk Memilih File atau Image

Plugin ini juga sudah dilengkapi dengan fitur drag and drop file uploader. Dengan fitur ini, Anda dapat mengupload file image (satu atau banyak sekaligus) hanya dengan drag and drop pada gambar yang ingin Anda upload. Selain drag and drop, module ini juga memungkinkan Anda untuk mengupload image dengan file browser biasa. Berikut contoh tampilannya.

Drag and Drop File Uploader
Drag and Drop File Uploader

4. Builtin File Manager

Selain menyediakan fitur upload file, tidak lupa juga kami sertakan module file manager yang dapat digunakan untuk mengelola file / foto yang telah Anda upload. Pada module file manager ini, Anda dapat dengan mudah menghapus dan mengedit file, selain itu module ini juga telah menyediakan drag and drop file uploader.

Berikut contoh tampilan menu File Manager

File Manager
File Manager dengan Builtin Drag and Drop File Uploder

5. Pengaturan Layout Gallery yang fleksibel

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur layout gallery yang akan ditampilkan. Pilihan layout ada dua yaitu layout grid dan layout masonry. Selain layout, Anda juga dapat memilih apakah ingin menampilkan judul foto pada gallery atau tidak. Berikut contoh tampilan pengaturan gallery foto.

Pengaturan Gallery
Pengaturan Gallery Foto

6. Bulitin Gallery dengan Layout Masonry dengan Lazy Load Image

Aplikasi ini sudah menyertakan contoh tampilan foto gallery dengan layout masonry. Pada layout Masonry, gallery foto ditampilkan sesuai dengan rasio panjang dan lebar foto selanjutnya foto disusun sesuai dengan ruang kosong yang ada pada bidang.

Dalam menampilkan gambar, kami menggunakan teknik lazy load image, dimana image diload satu persatu sampai selesai, baru kemudian satu persatu ditambahkan ke dalam bidang.

Berikut contoh tampilan layout gallery masonry dengan teknik pemrosesan lazy load image.

Gallery Foto dengan Layout Masonry
Gallery Foto dengan Layout Masonry dengan Lazy Load Image Processing

Pada contoh diatas, gallery ditampilkan dengan judul foto. Berikut contoh tampilan gallery foto tanpa disertai judul (diatur di pengaturan gallery)

Gallery Layout Masonry Tanpa Judul Foto
Gallery Foto Layout Masonry Tanpa Judul Foto

Untuk live previewnya, Anda dapat membuka halaman Gallery Foto Masonry.

7. Bulitin Gallery Foto dengan Layout Grid

Selain layout masonry, Aplikasi Gallery Foto ini juga dilengkapi contoh tampilan gallery dalam bentuk grid. Pada layout grid ini, foto ditampilkan dalam container persegi, jika lebar foto melebihi lebar container maka foto akan diposisikan di tengah tengah, bagian kiri dan kanan foto yang melebihi container akan disembunyikan.

Berikut contoh tampilan layout grid.

Gallery Foto Dengan Layout Grid
Gallery Foto Dengan Layout Grid

Perlu diperhatikan bahwa pada layout grid ini, judul foto tidak ditampilkan.

8. Photo Viewer yang Interaktif dan Modern

Hal yang wajib ada pada Photo Gallery adalah fitur untuk menampilkan gambar foto secara penuh (foto preview). Pada Aplikasi ini, kami telah menyertakan fitur tersebut lengkap dengan fitur menarik, seperti kemampuan menampilkan slide show foto, selain itu fitur preview foto ini telah mendukung pengoperasian dengan touch, sehingga dapat dibuka dan dijalankan dengan baik pada perangkat mobile.

Berikut tampilan versi dekstop fitur preview foto yang ada pada aplikasi gallery manager

Fitur Preview Foto Pada Aplikasi Gallery Manager
Fitur Preview Foto Pada Aplikasi Gallery Manager

Berikut ini tampilan versi mobile nya:

Fitur Preview Photo Pada Aplikasi Gallery Manager - Layout Mobile
Fitur Preview Photo Pada Aplikasi Gallery Manager – Layout Mobile

9. Bonus: Menu Manager

Aplikasi Gallery Foto dengan PHP dan Javascript jQuery yang kami kembangkan ini telah dilengkapi dengan apliaksi Menu Manager yang telah kami kembangkan sebelumnya. Dengan aplikasi Menu Manager ini, Anda dapat mengatur menu dengan mudah, berikut contoh tampilan Aplikasi Menu Manager.

Menu Manager Pada Gallery Manager
Menu Manager yang disertakan pada Aplikasi Gallery Foto Manager

10. Responsive Design

Pada era sekarang ini responsive design merupakan syarat wajib yang harus ada pada setiap aplikasi. Demikian juga aplikasi foto gallery ini, semua halaman pada aplikasi telah mendukung penuh responsive, sehingga halaman dapat ditampilkan dengan baik pada perangkat desktop, design baik halaman back end maupun halaman front end,

11. Menggunakan Admin Template Jagowebdev

Aplikasi backend yang kami gunakan dalam aplikasi ini menggunakan Admin Template PHP Native yang telah kami kembangkan sebelumnya. Aplikasi yang solid untuk mengembangkan backend aplikasi, dengan demikian Anda dapat dengan mudah mengembangkan Apliaksi Gallery Manager sesuai dengan kebutuhan Anda.

12. Dikembangkan dengan paradigma pemrograman yang solid

Dengan pengetahuan dan pengalamaan yang tinggi di bidang pemrograman, produk produk yang kami kembangkan dapat dipastikan memiliki code base yang bagus, baik dari sisi pemrograman maupun dari sisi database, demikian juga dengan aplikasi ini, aplikasi PHP Galery Manager ini dikembangkan dengan teliti dan cermat sehingga dapat dipastikan memiliki kualitas yang bagus.

13. Lifetime Update

Jika ada pembaruan aplikasi, Anda dapat memperolehnya secara gratis, tanpa dipungut biaya tambahan, selamanya.

Biaya Investasi

Aplikasi Photo Gallery Manager ini dibundle dengan membership Premium Jagowebdev, untuk mendapatkannya, Anda perlu untuk join sebagai membership premium Jagowebdev.

Dengan join sebagai membership premium, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, Anda tidak hanya mendapatkan aplikasi ini, melainkan resource resource terbaik yang pernah kami buat, baik ebook, cheat sheet maupun aplikasi.

Biaya investasi untuk saat ini tergolong ringan, biaya dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan perubahan kebijakan.

So segera join membership premium jagowebdev.

Join Member Premium

Demikian pembahasan mengenai aplikasi gallery foto dengan PHP dan Javascript jQuery semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar

Newsletter

Jadilah yang pertama tahu berita terbaru dari Jagowebdev.com

Like Us