Aplikasi kartu pelajar yang akan membantu memudahkan Anda untuk mengelola kartu pelajar. Aplikasi kartu pelajar ini dikembangkan berbasis web sehingga dapat dijalankan dengan mudah dimanapun, kapanpun.

I. Lingkungan Pengembangan Aplikasi Kartu Pelajar

Untuk memastikan aplikasi yang kami kembangkan ini memiliki kualitas yang tinggi, dalam mengembangkannya kami menggunakan teknologi terbaru dan terkini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan PHP versi terbaru yaitu PHP Versi 8 (Dikembangkan menggunakan XAMPP 8.1.10 - PHP 8.1.10)
  • Menggunakan MySQL / MariaDB
  • Menggunakan Javascript / jQuery (3.6) yang telah disupport bworser terbaru.
  • Menggunakan framework Bootstrap terbaru (Bootstrap 5)
  • Dikembangkan dengan teliti dan detail.

II. Fitur Canggih Aplikasi Kartu Pelajar

Aplikasi kartu pelajar ini memiliki berbagai fitur canggih yang dapat memudahkan Anda mengelola kartu pelajar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Apliaksi Kartu Pelajar Berbasis Web

Dengan basis web maka aplikasi ini dapat dijalankan dengan mudah, tanpa perlu software khusus, cukup menggunakan browser bawaan dari sistem operasi (windows, linux, android, ios, dll). Selain itu aplikasi ini juga dapat dijalankan baik secara online maupun offline, dengan dijalankan secara online, maka aplikasi dapat diakes dimanapun dan kapanpun.

2. Dilengkapi Dengan QR Code

Saat ini kemudahan akses data sangat penting, untuk itu pada aplikasi kartu pelajar ini kami menyertakan fitur generate QRCode secara otomatis. Pengaturan QRCode ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, Anda dapat dengan mengatur isi dari QRCode apakah akan diisi dengan global teks seperti "https://jagowebdev.com" atau data tertentu dari siswa seperti data NIS atau NISN.

Letak dan posisi QR Code juga dapat dilakukan dengan mudah, cukup drag slider untuk mengatur posisi QR Code dan memilih opsi letak QR Code untuk menentukan apakah QRCode akan diletakkan dibagian depan atau belakang kartu.

Halaman Setting QRCode
Halaman Setting QRCode

3. Kartu Elektronik

Diera digital seperti sekarang ini, maka ketersediaan dokumen digital merupakan suatu keniscayaan. Dengan memegang prinsip tersebut, aplikasi kartu pelajar ini kami kembangkan sedemikian rupa sehingga dapat menggenerate kartu secara otomatis ke dalam format PDF.

Kartu Elektronik Format PDF
Kartu Elektronik Format PDF

 

Selain menggenarate kartu kedalam format PDF, aplikasi ini juga dapat mengirim kartu elektronik tersebut ke amat email terdaftar.

4. Pengaturan Pinter

Pada aplikasi cetak kartu ini, Anda dapat melakukan pengaturan printer dengan mudah seperti mengatur margin kertas dan mengatur jarak antar kartu, selain itu Anda juga dapat mengatur DPI printer dengan mudah.

5. Ekspor dan Impor Excel

Aplikasi kartu pelajar ini telah disediakan fitur impor dan ekspor data dalam bentuk format excel. Dengan fitur impor data, Anda dapat dengan mudah meload data siswa dalam jumlah banyak sekaligus. Dengan fitur ekspor excel, seluruh data siswa dapat di ekspor ke file excel.

Fitur ekspor dan impor excel ini telah didesain sedemikian rupa sehingga dapat memproses data dalam jumlah besar sekaligus, puluhan ribu data dapat di proses sekaligus dalam satu waktu.

6. Beli sekali untuk selamanya

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu melakukan subscribe atau berlangganan baik bulanan atau tahunan. Anda cukup membeli sekali untuk digunakan selamanya. Selain itu Anda akan mendapatkan update aplikasi gratis selamanya (lifetime update) selama tersedia update aplikasi. Dengan skema seperti ini, maka Anda benar-benar memiliki aplkiasi ini dan tidak terikat dengan kami.

7. Dashboar Yang Informatif

Aplikasi Kartu Pelajar ini telah dilengkapi dengan dashboard yang menarik dan informatif. Pada dashboard ini Anda dapat memiliki gambaran menyeluruh dari data diantaranya jumlah siswa keseluruhan, jumlah siswa laki-laki, jumlah siswa perempuan, dll.

Selain itu, pada dashboard ini tersedia berbagai quick menu yang mempermudah Anda mengakses menu penting pada aplikasi, dinataranya, cetak kartu, desain kartu, desain qrcode, dll. Dashboard juga menampilkan list data siswa sehingga Anda dapat langsung mencetak, atau mengunduh kartu dari siswa.

Dashboard Aplikasi Kartu Pelajar
Dashboard Aplikasi Kartu Pelajar

8. Desain Kartu Full GUI (Graphical User Interface)

Aplikasi kartu pelajar ini memungkinkan Anda untuk medesain kartu melalui user interface (UI) tanpa perlu mengedit source code. UI yang disediakan dapat digunakan untuk melakukan berbagai pengaturan diantaranya:

  • Memilih data apa saja yang ingin ditampilkan pada kartu
  • Memilih jenis, ukuran huruf, dan style dari teks (normal/bold)
  • Mengatur ukuran kartu (tersedia template portrait dan lanscape)
  • Memilih background kartu depan dan kartu belakang serta gambar tanda tangan dan stempel sekolah
  • Mengatur margin berbagai element
  • Menagtur QRCode, baik isi maupun posisi
  • Mengatur masa berlaku kartu
  • dan lain lain

Berikut contoh tampilan halaman desain kartu

Halaman Desain Kartu Pelajar
Halaman desain kartu pelajar

Semuanya pengaturan bersift live update sehingga setiap perubahan akan langsung terlihat hasilnya

9. Pengaturan Login Bagi Siswa

Pada aplikasi kartu pelajar ini, Anda dapat mengatur akses siswa pada aplikasi seperti (1) apakah siswa diperbolehkan login ke aplikasi atau tidak, (2) Jika diperbolehkan, maka data apa yang akan digunakan untuk login (NIS, NISN, email, atau yang lain, (3) Role dari siswa (setiap role dapat diatur untuk memiliki akses tersendiri), (4) Reset semua password siswa.

Halaman Pengaturan Login Siswa
Halaman Pengaturan Login Siswa

10. Menu Siswa

Pada aplikasi kartu pelajar ini, telah disediakan menu yang khusus diperuntukkan bagi siswa, yaitu menu untuk melakukan edit data siswa dan menu untuk mengunduh atau mencetak kartu, hak akses menu ini dapat diatur di halaman administrator. Pada menu ini siswa hanya dapat mengubah maupun mengunduh data miliknya sendiri.

Menu Siswa Pada Aplikasi
Menu Siswa Pada Aplikasi

11 Menggunakan Admin Template PHP

Aplikasi kartu ini dikembangkan menggunakan admin template PHP yang telah kami kembangkan sebelumnya. Dengan admin template ini, maka pengaturan aplikasi dapat dilakukan dengan mudah, seperti mengganti logi, mengganti warna tema dan jenis huruf, mengatur nama dan letak menu, dan berbagai pengaturan menarik lainnya

III. Aplikasi Kartu Pelajar Versi Standar

Semua fitur canggih diatas tersedia pada versi pro, jika Anda menginginkan fitur yang lebih sederhana, Anda dapat menggunakan versi standar, beberapa fitur yang tidak tersedia di versi standar adalah: (1) tidak tersedia halaman dashboard, (2) desain kartu masih terbatas (tidak full gui), (3) tidak dapat melakukan pengaturan login bagi siswa, (4) Tidak terdapat menu login untuk siswa.

Cek versi standar di halaman ini

IV. Investasi Aplikasi Kartu Pelajar

Biaya investasi aplikasi kartu pelajar ini sangat terjangkau, biaya ini dapat berubah sewaktu waktu seiring fitur yang ditambahkan, so segera miliki aplikasi yang canggih ini. 

Version History

Versi 1.0.0 (04 Desember 2022)

  • Initial release

Screenshot

Comment

Silakan login untuk meninggalkan komentar

Rating

Beri rating

Beli

Harga
155.000

Author

Author
Agus Prawoto Hadi

Script

Release
04 Desember 2022
Versi
1.0.0
Framework
Data Tables, Bootstrap 5, jQuery 3.6
Script
PHP, MySQL, Javascript, CSS, HTML