Aplikasi pembuatan maupun cetak kartu ini akan memudahkan Anda untuk membuat, mencetak, dan mengelola berbagai kartu identitas, seperti kartu pelajar, kartu NISN, ID Card karyawan dan sebagainya.

Aplikasi ini berbasis web dengan didesain responsive sehingga dapat di buka dengan baik di berbagai ukuran device, baik desktop maupun mobile.

Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan MariaDB/MySQL, software yang populer digunakan dilingkungan pengembangan aplikasi berbasis web.

Aplikasi Cetak Kartu ini sudah disertai dengan generator QR Code otomatis, Anda tinggal memasukkan kontent QR Code, maka otomatis tergenerate QR Code nya. Selain itu, ukuran dan tata letak QR Code sangat fliksibel, dengan mudah Anda dapat menyesuaikan ukuran QR Code dan dengan fitur drag and drop Anda dengan mudah mengatur posisi QR Code pada kartu yang ingin Anda cetak.

Template yang digunakan untuk mengambangkan aplikasi ini adalah PHP Admin Template yang juga kami kembangkan sendiri, dimana didalamnya sudah dilengkapi berbagai modul untuk menajemen aplikasi seperti manajemen menu, user, setting aplikasi, seperti memberi nama aplikasi, logo, tema, dll, sehingga Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan aplikasi.

Aplikasi cetak kartu ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola kartu anggota, beberapa diantaranya adalah:

  1. Menggunakan PHP Admin Template yang fleksibel dan ready to use sehingga aplikasi mudah dikembangkan.
  2. Manajemen Aplikasi seperti user, menu, logo, dll.
  3. Pengaturan layout kartu.
  4. Pengaturan tanda tangan dan stempel organisasi.
  5. QR Code Otomatis dengan fitur drag and drop.
  6. Cetak satu atau banyak kartu sekaligus.
  7. Ekspor kartu ke format PDF.
  8. Smart upload data dari file excel (xlsx).
  9. Smart ekspor data ke file excel (xlsx).
  10. Kirim kartu via email.
  11. Setiap pengaturan dilengkapi dengan fitur CRUD.
  12. Quality coding, manajemen file aplikasi, dan database.

Beberapa menu yang tersedia adalah sebagai berikut:

  1. Pengaturan layout aplikasi. Pada menu ini, user dapat melakukan pengaturan aplikasi seperti nama dan tampilan aplikasi, menu, logo, tema warna, dll. Lebih lanjut mengenai pengaturan ini dapat dilikat pada deskripsi aplikasi PHP Admin Template
  2. Pengaturan data organisasi Pada bagian ini, user dapat mengatur data organisasi seperti identitas organisasi dan logo organisasi.
  3. Pengelolaan Anggota Pada bagian ini user dapat menambah, menghapus, maupun mengubah data anggota termasuk foto anggota yang nantinya akan dicetak di kartu.
  4. Pengaturan Layout Kartu Pada bagian ini user dapat mengatur layout kartu seperti panjang dan lebar kartu nama berlaku kartu, serta background untuk bagian depan dan belakang kartu.
  5. Pengaturan QR Code Bagian ini digunakan untuk melakukan pengaturan layout dari QR Code termasuk mendefinisikan konten default dari QR Code. Pengaturan letak QR Code dapat dilakukan dengan mudah, cukup drag and drop pada bidang kartu.
  6. Pengaturan penandatangan kartu Bagian ini digunakan untuk melakukan pengaturan data penandatangan kartu termasuk upload scan tanda tangan dan stempel organisasi. Stempel dan tanda tangan ini nantinya akan dimunculkan di bagian depan kartu
  7. Pengaturan layout printer Resolusi layar monitor berbeda beda, pada monitor resolusi tinggi kartu akan tampak kecil sebaliknya pada monitor yang beresolusi rendah kartu akan tampak besar, untuk itu perlu dilakukan pengatutan DPI printer yang akan digunakan untuk mencetak kartu. Selain DPI Printer, pada bagian ini kita dapat mengatur margin printer termasuk margin antara kartu depan dan kartu belakang.
  8. Cetak kartu. Pada menu ini, user dapat mencetak kartu yang diinginkan. User dapat memilih apakah mencetak satu atau beberapa kartu sekaligus.
  9. Ekspor PDF. Pada menu cetak kartu, selain user dapat mencetak langsung via printer, user juga dapat mengekspor dan mendownload kartu ke format PDF, sehingga dapat digunakan sebagai arsip atau keperluan lain
  10. Smart Upload Data. Melalui menu ini, user dapat dengan mudah meng upload data dari file excel (xlsx). Menu akan otomatis menyesuaikan file excel dengan nama kolom tabel database.
  11. Smart Ekspor Excel. Dengan menu ini, user dapat dengan mudah mengekspor data ke dalam file excel (xlsx). Menu otomatis akan membaca metadata tabel database kemudian mengekspornya ke file file excel, sehingga Anda dapat dengan mudah memodifikasi script yang ada.
  12. Kirim kartu via email. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur kirim email, dimana user dapat dengan mudah mengirim kartu via email ke alamat email pemilik kartu. Kartu dikirim dalam format PDF yang disertakan dalam attachment email
  13. Quality coding, file management, dan database Tidak hanya layout dan fitur aplikasi yang kami perhatikan, kami juga memperhatikan bagaimana script di desain dan ditulis, file script ditempatkan dan database didesain sehingga dapat memudahkan Anda mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Custom Aplikasi

Jika Aplikasi Cetak Kartu Pelajar NISN maupun ID Card Anggota ini belum sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat request untuk custom aplikasi, untuk info selengkapnya silakan kunjungi halaman ini

Version History

Versi 1.0 (04 April 2020)

Initial Release

Versi 1.5 (25 Januari 2021)

  • Update core dengan menggunakan PHP Admin Template terbaru.
  • Menambahkan fitur ekspor kartu ke format PDF.
  • Menambahkan fitur Smart Upload Excel
  • Menambahkan fitur Smart Download Excel
  • Menambahkan fitur kirim kartu via email.
  • Bug Fixes.

Screenshot

Pengaturan layout aplikasi
Pengaturan data organisasi
Tambah Data Anggota
Pengaturan Layout Kartu
Pengaturan QR Code
Pengaturan penandatangan kartu
Pengaturan layout printer
Cetak kartu
Contoh tampilan kartu bagian depan
Contoh tampilan kartu bagian belakang

Download

Silakan login terlebih dahulu

Comment

Silakan login untuk meninggalkan komentar

Rating

Beri rating

Author

Author
Agus Prawoto Hadi

Script

Release
04 April 2020
Update
25 Januari 2021
Versi
1.5
Framework
Codeigniter 4, Twitter Bootstrap 4, JQuery 3.4
Script
PHP, MySQL, Javascript, jQuery, CSS, Boorstrap