NoteUntuk versi professional silakan kunjungi halaman ini.

Aplikasi pembuatan maupun cetak kartu ini akan memudahkan Anda untuk membuat, mencetak, dan mengelola berbagai kartu identitas, seperti kartu pelajar, kartu NISN, ID Card karyawan dan sebagainya.

Aplikasi ini berbasis web dengan didesain responsive sehingga dapat di buka dengan baik di berbagai ukuran device, baik desktop maupun mobile.

Lingkungan Pengembangan

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah PHP dan database yang digunakan adalah MariaDB/MySQL, software yang populer digunakan dilingkungan pengembangan aplikasi berbasis web.

User interface aplikasi ini sudah menggunakan framework CSS Bootstrap 5, framework paling populer untuk mendesain user interface yang akan membuat interface aplikasi ini menjadi lebih menarik dan kekinian.

Untuk mempermudah Anda mengembangkan aplikasi ini, kami menggunakan kerangka kerja PHP Admin Template. Pada admin template ini  didalamnya sudah dilengkapi berbagai module untuk menajemen aplikasi seperti manajemen menu, user, setting aplikasi, dll, sehingga Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan aplikasi secara cepat.

Aplikasi Cetak Kartu Anggota Dengan QRCode

Aplikasi Cetak Kartu ini sudah disertai dengan generator QR Code otomatis, Anda tinggal memasukkan konten QR Code, maka otomatis tergenerate QR Code nya.

Selain itu, ukuran dan tata letak QR Code sangat fliksibel, dengan mudah Anda dapat menyesuaikan ukuran QR Code dan dengan fitur drag and drop Anda dengan mudah mengatur posisi QR Code pada kartu yang ingin Anda cetak.

Aplikasi Cetak Kartu NISN Dengan QRCode
QRCode Pada Aplikasi Cetak Kartu NISN

Fitur Aplikasi Cetak Kartu NISN

Aplikasi cetak kartu ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola kartu anggota, beberapa fitur menarik dari aplikasi ini adalah:

  1. Menggunakan PHP Admin Template yang fleksibel dan ready to use sehingga aplikasi mudah dikembangkan.
  2. Manajemen Aplikasi seperti user, menu, logo, dll.
  3. Pengaturan layout kartu.
  4. Pengaturan tanda tangan dan stempel organisasi.
  5. QR Code Otomatis dengan fitur drag and drop.
  6. Cetak satu atau banyak kartu sekaligus.
  7. Ekspor kartu ke format PDF.
  8. Smart upload data dari file excel (xlsx).
  9. Smart ekspor data ke file excel (xlsx).
  10. Kirim kartu via email.
  11. Setiap pengaturan dilengkapi dengan fitur CRUD.
  12. Quality coding, manajemen file aplikasi, dan database.

Beberapa menu yang tersedia adalah sebagai berikut:

  1. Pengaturan layout aplikasi. Pada menu ini, user dapat melakukan pengaturan aplikasi seperti nama dan tampilan aplikasi, menu, logo, tema warna, dll. Lebih lanjut mengenai pengaturan ini dapat dilikat pada deskripsi aplikasi PHP Admin Template
  2. Pengaturan data organisasi Pada bagian ini, user dapat mengatur data organisasi seperti identitas organisasi dan logo organisasi.
  3. Pengelolaan Anggota Pada bagian ini user dapat menambah, menghapus, maupun mengubah data anggota termasuk foto anggota yang nantinya akan dicetak di kartu.
  4. Pengaturan Layout Kartu Pada bagian ini user dapat mengatur layout kartu seperti panjang dan lebar kartu nama berlaku kartu, serta background untuk bagian depan dan belakang kartu.
  5. Pengaturan QR Code Bagian ini digunakan untuk melakukan pengaturan layout dari QR Code termasuk mendefinisikan konten default dari QR Code. Pengaturan letak QR Code dapat dilakukan dengan mudah, cukup drag and drop pada bidang kartu.
  6. Pengaturan penandatangan kartu Bagian ini digunakan untuk melakukan pengaturan data penandatangan kartu termasuk upload scan tanda tangan dan stempel organisasi. Stempel dan tanda tangan ini nantinya akan dimunculkan di bagian depan kartu
  7. Pengaturan layout printer Resolusi layar monitor berbeda beda, pada monitor resolusi tinggi kartu akan tampak kecil sebaliknya pada monitor yang beresolusi rendah kartu akan tampak besar, untuk itu perlu dilakukan pengatutan DPI printer yang akan digunakan untuk mencetak kartu. Selain DPI Printer, pada bagian ini kita dapat mengatur margin printer termasuk margin antara kartu depan dan kartu belakang.
  8. Cetak kartu. Pada menu ini, user dapat mencetak kartu yang diinginkan. User dapat memilih apakah mencetak satu atau beberapa kartu sekaligus.
  9. Ekspor PDF. Pada menu cetak kartu, selain user dapat mencetak langsung via printer, user juga dapat mengekspor dan mendownload kartu ke format PDF, sehingga dapat digunakan sebagai arsip atau keperluan lain
  10. Smart Upload Data. Melalui menu ini, user dapat dengan mudah meng upload data dari file excel (xlsx). Menu akan otomatis menyesuaikan file excel dengan nama kolom tabel database.
  11. Smart Ekspor Excel. Dengan menu ini, user dapat dengan mudah mengekspor data ke dalam file excel (xlsx). Menu otomatis akan membaca metadata tabel database kemudian mengekspornya ke file file excel, sehingga Anda dapat dengan mudah memodifikasi script yang ada.
  12. Kirim kartu via email. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur kirim email, dimana user dapat dengan mudah mengirim kartu via email ke alamat email pemilik kartu. Kartu dikirim dalam format PDF yang disertakan dalam attachment email
  13. Quality coding, file management, dan database Tidak hanya layout dan fitur aplikasi yang kami perhatikan, kami juga memperhatikan bagaimana script di desain dan ditulis, file script ditempatkan dan database didesain sehingga dapat memudahkan Anda mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi Cetak Kartu NISN Versi Pro

Aplikasi Cetak Kartu NISN ini tersedia juga dalam versi professional (pro), dimana pada versi pro ini terdapat berbagai fitur menarik, diantaranya:

Aplikasi Cetak Kartu NISN Dengan Dashboard yang Interaktif

Dengan dashboard yang interaktif akan memudahkan Anda untuk memantau aplikasi secara realtime seperti jumlah siswa, data siswa, termasuk mengakses menu menu penting secara cepat seperti mendesain kartu, mendesain QRCode, mencetak kartu, ekspor dan impor data, dll.

Berikut contoh tampilan dashboardnya

Dashboar Aplikasi Cetak Kartu NISN
Dashboard Aplikasi Cetak Kartu NISN

Desain Kartu Full User Interface (UI)

Pada versi Pro, mendesain kartu dapat dilakukan dengan sangat mudah, semuanya menggunakan user interface, tanpa perlu mengerti bahasa pemrograman.

Anda cukup mengubah parameter yang ada, maka hasil perubahan akan langsung terlihat. Desain full GUI ini mencakup diantaranya pemilihan jenis dan ukuran huruf untuk tulisan, posisi foto, setting QR Code, dll.

Berikut contoh tampilannya.

Desain Kartu Dengan User Interface
Desain Kartu Dengan User Interface

Login Bagi Siswa

Aplikasi Cetak Kartu NISN versi pro ini memungkinkan siswa untuk login ke aplikasi dan mengakses menu yang dikhususkan bagi siswa seperti mengubah profile siswa dan mencetak kartu miliknya sendiri. Pada versi pro ini, Anda juga dapat dengan mudah mengatur hak akses siswa.

Berikut contoh halaman pengaturan login siswa

Halaman Pengaturan Login Bagi Siswa
Halaman Pengaturan Login Bagi Siswa

Menu Untuk Siswa

Versi pro menyediakan menu khusus bagi siswa yang login ke aplikasi diantaranya menu untuk mengubah data siswa, mengunduh, dan mencetak kartu NISN. Pada menu ini, siswa hanya diperbolehkan mengakses/menubah data miliknya sendiri.

Halaman Menu Untuk Siswa
Halaman Menu Untuk Siswa

Kartu Elektronik

Baik versi pro maupun standar, kartu dapat diekspor ke format PDF (kartu elektronik) sehingga lebih mudah untuk diakses, kapanpun, dimanapun. Selain itu, kartu elektronik ini juga dapat otomatis dikirim ke alamat email siswa.

Berikut contoh tampilan kartu elektroniknya.

Ekspor Kartu ke PDF
Ekspor Kartu ke PDF 

Lebih Detail

Untuk mengetahui lebih detail mengenai aplikasi cetak kartu professional beserta demo aplikasinya, silakan kunjungi halaman: https://jagowebdev.com/members/produk/aplikasi-kartu-pelajar-berbasis-web

Version History

Versi 1.0 (04 April 2020)

Initial Release

Versi 1.5 (25 Januari 2021)

  • Update core dengan menggunakan PHP Admin Template terbaru.
  • Menambahkan fitur ekspor kartu ke format PDF.
  • Menambahkan fitur Smart Upload Excel
  • Menambahkan fitur Smart Download Excel
  • Menambahkan fitur kirim kartu via email.
  • Bug Fixes.

Versi 1.6 (12 Februari 2021)

  • Update menggunakan PHP Admin Template versi terbaru (v1.9) diantaranya penambahan fitur registrasi user.
  • Bug fixes

Versi 1.6.1 (28 Juni 2021)

  • Perbaikan bug cetak kartu dimana content QR Code selalu menggunakan global text

Versi 1.6.2 (23 Maret 2022)

  • Update MPDF sehingga kompatibel dengan PHP 8.1
  • Update PHP XLSX Reader sehingga kompatibel dengan PHP 8.1
  • Update PHP OpenSpout sehingga kompatibel dengan PHP 8.1
  • Perbaikan bug: multiple cetak kartu
  • Perbaikan bug: Setting QR Code live preview kartu depan dan kartu belakang

Versi 1.6.2.1 (25 Maret 2022)

  • Perbaikan bug menu assign role (user role, module role, menu role)

Versi 1.6.2.2 (12 Mei 2022)

  • Update datatables bootstrap 5
  • Perbaikan script pada menu cetak kartu
  • Perbaikan script pada menu daftar nama
  • Bug Fix: Ketika reset password, semua password terreset

Versi 1.7.0 (05 November 2022)

  • Content QR Code dinamis bisa menggunakan kolom tabel database atau menggunakan global text.
  • Masa berlaku kartu bisa menggunakan periode atau teks permanen
  • Perbaikan halaman cetak kartu dan ekspor pdf kartu.
  • Perbaikan halaman Setting Qr Code.
  • Update bootstrap ke versi 5.2.2.
  • Penambahan fitur preview QR Code pada menu Setting QR Code
  • Bug fixes.
  • Perubahan database layout_kartu dan setting_qrcode

Screenshot

Comment

Silakan login untuk meninggalkan komentar
    • IdhamVIP
    • 2022-07-30 11:16:14

    Selamat siang..

    Saya sdh upload ke online tp kok pada saat saya buka malah ke localhost..

    Apa ada settingan lagi?

    Terima Kasih

  • mas ada notice seperti itu... bagian ana yang harus di ubah, data mahasiswa juga gak muncul.. mohon bantuannya

  • selamat siang. mau tanya, saya sudah jadi member premium namun aplikasi ini kenapa tidak bisa didownload ya?. terimakasih

    • masjamVIP
    • 2022-07-14 11:40:51

    error seperti ini gimanaya ?

    • Itu library GD nya yang di php diaktifkan dl mas bisa coba di googling cara mengaktifkan library gd php

  • pada saat ingin cetak semua kartu muncul error seperti itu, cara mengatasinya bagaimana ya mas?

  • Mas Agus, salam kenal. ini kalau join premium dapat aksesnya hanya satu aplikasi saja?

  • di awal saya import SQL muncul error tgl_input not valid

    setelah saya ulang kedua kali, berhasil import meski notif error tetep muncul

     

    lalu ketika saya cba login muncul error seperti ini ketika mencoba login

    SQL Query :SELECT * FROM user WHERE username = ?

    Error : SQLSTATE[42S02]: Base table or view not found: 1146 Table 'idcard.user' doesn't exist

     

    mohon arahannnya

    • Coba menggunakan database MariaDb 10.4 mas atau bisa coba XAMPP 7.4

    • azkaVIP
    • 2021-07-14 08:55:48

    Mas bagaimana bila ada notifikasi error, 

     

    Message : [8] Constant QR_PAD0 already defined

    File : D:\Aplikasi\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php line: 23

    Message : [8] Constant QR_PAD1 already defined

    File : D:\Aplikasi\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php line: 24

    NOTICE

    Message : [8] Constant QR_PAD0 already defined

    File : D:\Aplikasi\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php line: 23

    NOTICE

    Message : [8] Constant QR_PAD1 already defined

    File : D:\Aplikasi\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php line: 24


    Fatal error: Cannot declare class QRCode, because the name is already in use in D:\Aplikasi\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php on line 26

    ERROR

    Message : Cannot declare class QRCode, because the name is already in use

    File : D:\Aplikasi\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php line: 26

    • Sepertinya library qr codenya ter load lebih dari sekali, coba diulangi dari awal mas, sebelum script nya diedit

    • steveVIP
    • 2021-06-24 17:52:39

    sore mas.

    saya tadi edit qr nya muncul error ini

    460My ERROR [256] code length overflow. (460>288)
    Fatal error on line 359 in file C:\xampp\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php, PHP 7.4.10 (WINNT)
    Aborting...

     

    saya sdh close aplikasinya tp masih error. tolong dibantu. tks

    • Coba di ubah setting QR Code nya pak, ada di menu Setting QR Code. Setting QR Code disesuaikan dengan panjang karakter isi QR Code

        • steveVIP
        • 2021-06-25 09:45:14

        mantap pak. sdh solve. Aplikasinya sangat bagus sekali. saya tidak menyesal membelinya. Menurut saya, bila bapak naikkin harga membership nya masih worthed. 

        Sekali lagi, tks pak.

    • FaizVIP
    • 2021-04-08 10:45:44

    selamat pagi mas, ada petunjuk jika ingin dijalankan di web hosting

    • Pagi mas, untuk dijalankan di web hosting sama seperti hosting aplikasi pada umumnya mas

  • Mas, apakah print id card ini bisa langsung menggunakan printer id card jenis berikut https://www.kiosbarcode.com/jual-printer-kartu-fargo-dtc1250e-dengan-harga-ekonomis/ 

    • WAHIDVIP
    • 2021-03-10 21:44:02

    Mas kalau mau konfirmasi pembayaran caranya gmana ?

    • b.neoVIP
    • 2021-03-01 21:55:09

    mas Agus .. saya ada error ketika mengenerate PDF dari KTA..

    kira2 kenapa ya .. terima kasih responnya
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function imagecreatetruecolor() in C:\xampp\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php:499 Stack trace: #0 C:\xampp\htdocs\idcard\app\includes\functions.php(406): QRCode->createImage(2, 4) #1 C:\xampp\htdocs\idcard\app\modules\cetakkartu\cetakkartu.php(140): generateQRCode('4', 'L', 'url: <a href="h...', '1.0', 'image') #2 C:\xampp\htdocs\idcard\index.php(170): include('C:\\xampp\\htdocs...') #3 {main} thrown in C:\xampp\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php on line 499

    ERROR

    Message : Uncaught Error: Call to undefined function imagecreatetruecolor() in C:\xampp\htdocs\idcard\app\libraries\vendors\qrcode\qrcode.php:499 Stack trace: #0 C:\xampp\htdocs\idcard\app\includes\functions.php(406): QRCode->createImage(2, 4) #1 C:\xampp\htdocs\idcard\app\modules\cetakkartu\cetakkartu.php(140): generateQRCode('4', 'L', 'url:

    • Coba di cek di php.ini nya mas, ekstensi GD2 nya sudah aktif belum? biasanya parameternya seperti ini:

      extension=gd2

      Atau bisa coba menggunakan XAMPP 7.4.10

        • b.neoVIP
        • 2021-03-03 06:19:29

        saya pakai xampp 8.0.2 .. baru download khusus untuk coba kode dari  bang jago

        saya coba tambahkan di php.ini memasukan extension tsb .. tapi hasilnya masih error juga mas?

        apakah karena beda versi xampp nya?

        terima kasih 

         

        • Aplikasinya belum support PHP 8 mas, sementara bisa menggunakan PHP 7. Versi XAMPP mengikuti versi PHP nya

            • b.neoVIP
            • 2021-03-03 17:21:40

            terima kasih.. sudah saya gunakan xampp versi 7.4.1

            dan lancar jaya.. 

             

            btw apakah ada manual untuk penjelasan module, role atau struktur proses secara singkat..?

            • Bisa coba membaca user manual aplikasi PHP Admin Template mas. User manualnya bisa didownload di halaman produk

  • Kenapa muncul error seperti ini ya :

    404 - File Not Found

    Controller or its method is not found: \App\Controllers\Cetakkartu::index

    • Coba dicek lagi instalasi dan konfigurasinya pak, seperti baseURL nya di file config (app\Config\App.php) atau coba diikuti panduan instalasinya di file User Manual yang telah disertakan

Rating

Beri rating

Beli

Author

Author
Agus Prawoto Hadi

Script

Release
04 April 2020
Update
05 November 2022
Versi
1.7.0
Framework
Codeigniter 4, Bootstrap 5, jQuery 3.6
Script
PHP, MySQL, Javascript, jQuery, CSS, Boorstrap