ffCCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
NEW!! Buku Query MySQL Lihat Detail » x

Software Kompres dan Optimasi Gambar / Foto (JPG dan PNG) – Tested

Pada tutorial kali ini, kita akan membahas software terbaik yang dapat digunakan untuk meng kompres meng optimasi gambar atau foto (jpg dan png) tanpa mengurangi kualitas gambar.

Mungkin sobat mengira software yang dimaksud disini adalah software komputer, jika sobat mengira demikian, mungkin bisa mempertimbangkan alternatif lain.

Saya sudah mencoba berbagai software kompresi gambar seperti FileMinimizer, PNG Gauntlet, dll namun hasilnya kurang memuaskan, sehingga saya beralih menggunakan versi web-based.

Daftar isi:

Sample Gambar

Kali ini kita akan menguji aplikasi dengan mengkompres dua jenis gambar yaitu JPG dan PNG. Agar dapat mengakomodir lebih banyak kemungkinan, gambar JPG yang kita gunakan mengandung teks dengan warna tertentu.

Bentuk  gambar (file .jpg) yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut:

Optimize Foto Online - Original Size

Lossly VS Lossless

Ketika meng-kompres gambar, terdapat dua metode kompresi yang umum digunakan yaitu lossy dan lossless. Masing masing aplikasi yang kita uji menyediakan fitur ini, baik salah satu maupun keduanya.

Pada metode lossy, gambar dikompres sedemikian rupa sehingga menghasilkan ukuran yang sangat kecil hingga 90% dari ukuran aslinya.

Dengan metode lossy, gambar diproses ulang (seperti encoding ulang) sehingga pada kondisi tertentu dapat menurunkan kualitas gambar, namun demikian, seringnya hasil kompresi mirip dengan aslinya, tidak dapat dilihat perbedaannya.

Pada metode lossless, gambar dikompres namun tidak diproses ulang sehingga kualitas gambar sama dengan aslinya, pada metode ini, ukuran file gambar hasil kompresi cenderung mirip dengan ukuran aslinya.

File PNG selalu dalam bentuk lossless.

I. Review Aplikasi Kompres dan Optimasi Gambar

Diinternet terdapat aplikasi online untuk mengkompres gambar, agar pembahasan tidak terlalu lebar, kali ini kita akan batasi 7 aplikasi yang populer digunakan.

1. Kraken.io

Kompres Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - Kraken

Aplikasi ini menyediakan web interface pro yang bebas digunakan untuk meng kompres file. Web Interface ini mendukung tipe file: JPG, PNG, GIF, dan SVG

Berbagai fitur yang disediakan:

  • Upload file gambar dari komputer (satu atau banyak sekaligus) dan dari url (pro), atau dari webpage (pro).
  • Upload beberapa file sekaligus dari komputer dalam bentuk file .zip.
  • Impor gambar dari cloud storage: Dropbox, Google Drive, dan Box.
  • Terdapat opsi metode kompresi: lossy, lossless, atau expert.
  • Terdapat opsi untuk mengubah ukuran gambar (pro).
  • Maksimal file 1 MB (free) dan 35 Mb (pro).
  • Tersedia plugin WordPress dan Joomla extension.

Untungnya: Untuk menggunakan versi pro, anda cukup register sebagai member dengan biaya gratis. Pada free plan, anda akan mendapatkan kuota sebesar 100 Mb per bulan.

File hasil kompresi dapat didownload satu persatu atau sekaligus dalam bentuk file .zip, selain itu, file hasil kompresi juga dapat langsung diupload ke Dropbox.

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompresi sangat baik, diatas rata-rata, baik untuk file .jpg dan .png. Namun untuk file .jpg, pada bagian teks mengalami sedikit penurunan kualitas.

Ukuran file hasil kompresi tergolong cukup besar (paling besar) jika dibandingkan dengan yang lain.

Visit Kraken

2. SortPixel

Optimasi Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - Shortpixel

Shortpixel merupakan aplikasi online image compressor yang dapat digunakan untuk mengkompres file JPG, PNG, dan GIF, dan PDF.

File yang dapat diupload maksimal sebanyak 50 gambar, dengan ukuran file masing masing sebesar 10Mb. Jika kita ingin mengkompres lebih dari 50 gambar, kita diharuskan untuk register (Free) dan mendapat kuota 100 gambar / bulan

Fitur:

  • Upload satu atau beberapa file sekaligus dari komputer.
  • Gambar yang di kompres hanya dapat di download satu persatu, tidak bisa didownload semuanya sekaligus dalam bentuk file .zip

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompresi termasuk baik, baik untuk file .jpg dan .png. Namun untuk file .jpg, pada bagian teks mengalami penurunan kualitas yang cukup terlihat. Namun demikian, ukuran file yang dihasilkan oleh aplikasi ini sangat kecil, sehingga jika anda mengutamakan ukuran file, aplikasi ini dapat menjadi pertimbangan.

Visit Shortpixel

3. TinyJPG

Kompres Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - TinyJPG

Aplikasi ini menyediakan web interface yang dapat digunakan untuk mengkompres gambar JPG dan PNG. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan plugin untuk photoshop.

Maksimal jumlah gambar yang dapat diupload sebanyak 20 gambar dengan ukuran maksimaal untuk masing masing gambar sebesar 5Mb.

Fitur:

  • Upload satu atau beberapa gambar sekaligus dari komputer.
  • Hasil kompresi gambar dapat didownload secara individual maupun semuanya sekaligus dalam bentuk file .zip. Selain itu, file hasil kompres dapat langsung di upload ke dropbox.
  • Photoshop plugin (berbayar).
  • WordPress plugin.
  • Magento extension.

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompresi aplikasi ini tergolong baik, baik untuk file .jpg maupun .png, khusus untuk gambar jpg., pada bagian teks mengalami penurunan kualitas.

Visit TinyJPG

4. JPEGmini

Optimasi Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - JPEGMini

Aplikasi ini dikhususkan untuk mengkompres foto, sehingga hanya mendukung gambar dengan tipe .jpg.

Aplikasi ini menyediakan 2 sarana untuk mengkompres gambar, yaitu melalui web (gratis) dan melalui aplikasi desktop (pro). Aplikasi dekstop tersedia baik untuk windows maupun mac. Meskipun berbayar, Anda dapat mencoba versi trialnya.

Versi pro dari JPEGmini ini dilengkapi dengan ekstensi untuk photoshop dan plugin untuk lightroom.

Untuk kompres gambar melalui web interface, tidak ada batasan file yang dapat dikompres baik dalam jumlah maupun ukurannya.

Fitur:

  • Upload file gambar dari komputer (satu per satu).
  • Gambar hasil kompresi hanya dapat di download satu persatu.
  • Plugin lightroom dan photoshop (berbayar).

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompresi aplikasi ini sangat bagus, mungkin yang terbaik dibanding yang lain, termasuk kualitas tulisan pada gambar .jpg.

Ukuran file yang dihasilkan aplikasi ini cukup besar, diatas rata-rata, namun demikian, jika Anda mengutamakan kualitas, ukuran file tidak menjadi masalah.

Visit JPEGmini

5. Compressor

Kompres Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - Compressor

Aplikasi kompresi gambar online full ajax yang mendukung berbagai tipe file gambar, yaitu JPG, PNG, GIF, dan SVG.

Compressor tidak membatasi jumlah fie yang dapat diupload, namun hanya membatasi besarnya file yang diupload yaitu maksimal sebesar 10 Mb

Fitur:

  • Upload file dari komputer (satu per satu)
  • Mendukung opsi metode kompresi: lossy dan lossless
  • File gambar hasil kompresi selain dapat di download secara individu, juga dapat langsung diupload ke Dropbox atau Google Drive.

Hasil kompresi:

Kualitas gambar hasil kompesi tergolong baik, baik untuk .jpg maupun .png. Khusus untuk file .jpg, pada bagian tulisan sedikit mengalami penurunan kualitas.

Visit Compressor

6. Optimzilla

Kompres Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - Optimizilla

Optimizilla merupakan aplikasi online yang dapat digunakan untuk mengkompres gambar JPG dan PNG. Aplikasi ini mirip dengan compressjpeg.com dan compresspng.com

Aplikasi ini menyediakan opsi untuk mengatur kualitas gambar skala 1-100 (opsi default 90). Selain itu juga terdapat preview yang dapat digunakan untuk membandingkan gambar sebelum dan sesudah kompresi.

Fitur:

  • Upload satu atau beberapa file gambar dari komputer (dengan menyeleksi semua gambar yang ingin dupload).
  • Gambar hasil kompresi dapat didownload sekaligus dalam bentuk file .zip
  • Terdapat opsi untuk mengatur kualitas gambar skala 1-100 dan real-time preview yang menampilkan gambar hasil kompresi pada level tersebut.

Hasil kompresi:

Hasil kompresi baik untuk file JPEG dan PNG tergolong bagus, khusus untuk JPG, bagian teks mengalami sedikit penurunan kualitas.

Visit Optimizilla

7. ImageRecycle

Kompres Gambar Tanpa Menurunkan Kualitas - ImageRecycle

Salah satu aplikasi kompresi image gratis yang powerful yang dapat digunakan untuk mengkompres file JPG, PNG, dan GIF. Selain gambar, ImageRecycle juga dapat digunakan untuk mengkompres file PDF.

Fitur:

  • Upload file gambar dari komputer (satu per satu)
  • File hasil kompresi tidak dapat di download sekaligus, harus satu per satu.
  • Tidak ada batasan jumlah dan ukuran file.
  • Mendukung lossy dan lossless compression.
  • Terdapat opsi untuk mengubah ukuran gambar dan opsi untuk tidak menghapus metadata (pro).
  • Kompres gambar dari URL (pro).
  • Kompres gambar pada halaman website (pro)

Versi pro dari aplikasi ini ditawarkan dengan harga mulai $10 dengan kuota 10.000 gambar per tahun.

Jika dibanding dengan Kraken dan TinyJPG versi premium dari aplikasi ini menawarkan fitur yang lebih komplet, dan lebih baik, perbandingannya dapat dilihat disini.

Visit ImageRecycle

II. Perbandingan Fitur

Pada pembahasan diatas, kita telah membahas dengan detail fitur dari masing masing aplikasi. Agar lebih mudah dibandingkan, kami sajikan perbedaan tersebut dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Aplikasi Maximum Bulk (Mass Upload & Download) File Type Lossy & Lossless
Kraken 20 Image Upload & Download JPEG, PNG, GIF, SVG Lossy & Lossless
Compressor 10 Mb No JPEG, PNG, GIF, SVG Lossy & Lossless
Shortpixel 50 Image, 10 Mb each Upload & Download JPEG, PNG, GIF, PDF Lossy & Lossless
JPEGMini No Limitation No JPEG Lossy
TinyJPG 20 Image, 5 Mb each Upload & Download JPEG, PNG Lossy
Optimizilla 20 Image Upload & Download JPEG, PNG Lossy
ImageRecycle No Limitation No JPEG, PNG, GIF, PDF Lossy

III. Perbandingan Hasil Kompresi

Hasil kompresi masing masing aplikasi memiliki ukuran file yang berbeda beda tergantung dari kualitas gambar yang dihasilkan. Berikut ini perbandingan ukuran file hasil kompresi dari masing masing aplikasi:

File Size File Type Compressor Kraken Shortpixel JPEGmini TinyJPG Optimizilla ImageRecycle
1.19 Mb JPEG 317 Kb 561 Kb 216 Kb 450 Kb 237 Kb 374 Kb 317 Kb
536.15 Kb JPEG 96. 8 Kb 184.82 Kb 98.6 Kb 176.5 Kb 125.4 Kb 122.5 Kb 96.8 Kb
166.81 Kb JPEG 31.1 Kb 58.35 Kb 37. 4 Kb 62.3 Kb 29 Kb 39.8 Kb 31.1 Kb
87.87 Kb PNG 47.5 Kb 43.0 Kb 80.6 Kb 44.6 Kb 49.1 Kb 55.2 Kb

Dari tabel diatas terlihat bahwa pada file JPG dengan ukuran > 1 Mb Shortpixel menghasilkan output file terkecil, sedangkan Kraken menghasilkan output file terbesar.

Ukuran file yang dihasilkan oleh masing masing aplikasi berbanding lurus dengan kualitas gambar hasil kompresi, semakin besar ukuran file biasanya semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

Untuk mempermudah membandingkan kualitas gambar hasil kompresi , berikut ini kami sandingkan gambar hasil kompresi dari semua aplikasi:

Perbandingan - Komparasi Aplikasi Kompres - Optimasi Gambar - Foto - JPG - PNG

Perbandingan Software Kompres dan Optimasi Gambar / Foto

Dari gambar diatas terlihat bahwa gambar dengan kualitas terbaik dihasilkan oleh aplikasi JPEGmini, diikuti dengan Kraken, Shortpixel, TinyJPG, Optimizilla, ImageRecycle, dan Compressor.

Download Perbandingan Gambar

IV. Jadi, Mana Yang Sebaiknya Digunakan?

Dari hasil pengujian berbagai aplikasi kompresi gambar, dapat ditarik kesimpulan bahwa jika ingin mengkompres file JPG, urutan aplikasi yang memberikan hasil terbaik adalah:

Namun, jika gambar JPG anda hanya terdiri dari grafik saja, tanpa tulisan, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan ImageRecycle atau Compressor karena akan menghasilkan ukuran file paling kecil.

Sedangkan untuk file PNG, gambar yang dihasilkan oleh masing masing aplikasi sama baiknya, sehingga pilih aplikasi yang menghasilkan ukuran file terkecil yaitu:

Demikan pembahasan mengenai software – aplikasi untuk kompres dan optimasi gambar, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Pengujian diatas bersifat subjektif, sehingga hasil yang Anda dapatkan bisa jadi berbeda dengan hasil yang ada disini, hal tersebut bisa jadi karena perbedaan bentuk, ukuran, dan kompleksitas gambar yang dikompres.

Credit gambar: themeum.com

 

Recomended Post

Silakan tinggalkan komentar

*

Like Us

Dapatkan update artikel terbaru via E-Mail
  1. Query MySQL di Dalam PHP Loop – Bad Practice !!!

  2. Software Kompres dan Optimasi Gambar / Foto (JPG dan PNG) – Tested

  3. 40+ Theme WordPress Gratis Untuk Blog – Modern & Responsive

  4. Eksklusif Cheat Sheet PHP Bahasa Indonesia – Pendamping Belajar PHP

  5. PHP FORM III: Menampilkan Data MySQL Dengan PHP dan Form HTML

  6. Tutorial PHP Form II: Menampilkan Hasil Input Form HTML dengan PHP

  7. Tutorial PHP Form I: Menghubungkan Form HTML dengan PHP

  8. Menampilkan Data Dari Beberapa Tabel MySQL – JOIN Pada MYSQL

  9. Memahami dan Menampilkan Tanggal dan Waktu Pada PHP

  10. Menghitung Selisih Waktu Dengan PHP – Cara Termudah