ffCCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
Update: 14-04-2016

Mengubah Port Apache dan MySQL di XAMPP

Untuk keperluan tertentu seperti menginstall dua versi PHP atau Install XAMPP Lebih Dari Satu di Satu Komputer, kita perlu untuk mengganti / mengubah port apache dan MySQL, yang bagi sebagian orang hal tersebut ribet dan sulit untuk dilakukan, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengubah port apache dan mysql.

Mengubah Port Apache

Mengubah port apache pada xampp TIDAK dapat dilakukan melalui XAMPP Control Panel, mungkin sobat pernah membuka menu config yang terletak di sebelah pojok kanan atas XAMPP Control Panel, namun seperti pada peringatan yang muncul, untuk mengubah port yang digunakan oleh XAMPP tetap harus melalui file konfigurasi.

Mengganti / Mengubah Port Apache dan MySQL pada XAMPP

Pada apache terdapat dua port yaitu port HTTP dengan nilai default 80 dan port SSL dengan nilai default 443. Ketika module apache dijalankan, maka secara otomatis juga akan mengaktifkan kedua port tersebut, dan untuk mengubah port HTTP, kita juga harus mengubah port SSL, jika tidak maka akan muncul pesan error.

Mengubah Port HTTP – Apache

Untuk mengubah port HTTP, buka file httpd.conf (file konfigurasi apache) yang terletak di direktori apache/conf  cari kata-kata Listen 80 dan ServerName localhost:80 kemudian ubah angka 80 menjadi angka port yang diinginkan, misal 7777

Cara Mengubah Port Apache Pada XAMPP - HTTP

dan

Mengubah Port Apache Pada XAMPP  - HTTP

Jika sobat menginstall apache dari software lain seperti WAMPP atau dari installer apache langsung, sobat dapat menyesuaikan lokasi file konfigurasinya yang pasti nama filenya adalah httpd.conf

Mengubah Port SSL – Apache

Untuk mengubah port SSL, buka file httpd-ssl.conf yang ada di folder apache\conf\extra, selanjutnya cari kata yang mengandung angka 443 (misal: Listen 443 dan ServerName localhost:443), ganti 443 dengan angka lain misal 444, kemudian simpan file terebut.

Mengubah Port SSL Pada Apache

Selesai.

Mengubah Port MySQL

MySQL memiliki port default 3306.

Sebagaimana port Apache, kita juga TIDAK dapat mengubah port MySQL melalui XAMPP Control Panel, untuk mengubahnya kita perlu untuk meng edit file konfigurasi MySQL.

Untuk mengubah port MySQL, buka file my.ini yang biasanya terletak di XAMPP/mysql/bin/my.ini, cari kata-kata yang mengandung angka 3306, misalL port = 3306, kemudian ganti angka 3306 dengan angka lain, misal 3307.

Cara Mengubah MySQL Port Pada XAMPP

Selesai.

Demilikan cara untuk mengubah port baik Apache maupun MySQL, semoga bermanfaat.

Recomended Post

Silakan tinggalkan komentar

Like Us

Dapatkan update artikel terbaru via E-Mail
  1. Memahami dan Menampilkan Tanggal dan Waktu Pada PHP
  2. Menghitung Selisih Waktu Dengan PHP – Cara Termudah
  3. Memahami Fungsi Date Pada PHP
  4. Memahami Fungsi Time, Strtotime, dan Mktime Pada PHP – Memanipulasi Waktu
  5. Memahami Zona Waktu (Timezone) dan Selisih Waktu Pada PHP
  6. Setting ODBC MySQL Untuk Gammu
  7. Cara Install dan Menggunakan Gammu di Windows
  8. Format Tanggal Indonesia Dengan PHP
  9. Cara Install MySQL Portable Zip File di Windows – Panduan Lengkap
  10. Memahami Statemen Return Pada PHP