ffCCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
Update: 24-10-2015

Mengubah Password MySQL Dengan XAMPP

XAMPP merupakan salah satu tools favorit karena dapat memudahkan kita dalam penggunaan Apache, PHP dan MyQL. Dengan XAMPP kita dapat melakukan pengaturan sederhanya yaitu mengubah password dari user root pada MySQL. User root ini merupakan user bawaan MySQL yang memiliki hak akses penuh terhadap database (Super User) yang secara default tidak ada passwordnya.

Untuk mengubah password dari user root melalui xampp, terlebih dahulu kita harus masuk halaman security:

  • Jika baru saja menginstal XAMPP, halaman security dapat diakses melalui halaman depan: http://localhost kemudian klik bahasa english, selanjutnya klik menu security yang ada di sebelah kiri.

    halaman_depan_xampp

    Gambar 1. Halaman Depan XAMPP

  • Jika halaman depan sudah kita modifikasi sehingga bukan xampp lagi, halaman security dapat langsung diakses dengan mengetikkan http:localhost/security/ pada browser.

Jika berhasil maka kita akan berada pada halaman depan xampp security, seperti tampak pada gambar berikut:

halaman_security_xampp

Gambar 2 . Halaman Depan XAMPP Security

Selanjutnya masuk ke halaman konfigurasi security dengan mengklik link seperti Gambar 2 (yang diberi kotak merah) atau langsung mengetikkan http://localhost/security/xamppsecurity.php pada browser. Jika berhasil kita akan masuk halaman konfigurasi security yang tampak seperti pada gambar ini:

halaman_konfigurasi_security_xampp

Gambar 3. Halaman Konfigurasi Security Pada XAMPP

Silakan masukkan password yang kita inginkan kemudian klik Password changing. Pada bagian phpMyAdmin authentication, kita bisa memilih http atau cookie. Jika http maka ketika membuka phpMyAdmin akan langsung muncul promt window yang meminta kita untuk memasukkan username dan password MySQL.

phpmyadmin_login_http

Gambar 4. phpMyAdmin Promt Window

jika kita memilih cookie, maka ketika kita membuka phpMyAdmin, akan muncul form login di halaman depan phpMyAdmin yang tampak seperti gambar berikut:

phpmyadmin_login

Gambar 5. Halaman Login Pada phpMyAdmin

Konfigurasi ini akan mengubah nilai  variabel $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] yang berada didalam file config.inc.php, dimana file tersebut terletak di dalam folder phpMyAdmin, jika file tersebut tidak ada, maka tidak akan terjadi perubahan apa-apa pada phpMyAdmin. Konfigurasi ini juga dapat diubah secara manual, untuk melakukannya dapat mengikuti tutorial di artikel: .

Jika pilihan Safe plain password in text file ? di centang, maka username dan password MySQL akan disimpan kedalam file mysqlrootpassword.txt yang berada di folder xampp > security > security yang tampak seperti gambar berikut ini:

xampp_password_mysql

Gambar 6. Username dan Password MySQL

Demikian tutorial mengubah password MySQL dengan XAMPP semoga bermanfaat.  Sebelum beranjak mungkin sobat tertarik membaca artikel ini:

Terima kasih.

Recomended Post

Silakan tinggalkan komentar

Like Us

Dapatkan update artikel terbaru via E-Mail
  1. Memahami dan Menampilkan Tanggal dan Waktu Pada PHP
  2. Menghitung Selisih Waktu Dengan PHP – Cara Termudah
  3. Memahami Fungsi Date Pada PHP
  4. Memahami Fungsi Time, Strtotime, dan Mktime Pada PHP – Memanipulasi Waktu
  5. Memahami Zona Waktu (Timezone) dan Selisih Waktu Pada PHP
  6. Setting ODBC MySQL Untuk Gammu
  7. Cara Install dan Menggunakan Gammu di Windows
  8. Format Tanggal Indonesia Dengan PHP
  9. Cara Install MySQL Portable Zip File di Windows – Panduan Lengkap
  10. Memahami Statemen Return Pada PHP