ffCCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
Update: 14-06-2016

Install XAMPP Lebih Dari Satu di Satu Komputer

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara meng install xampp lebih dari satu di satu komputer (environment yang sama).

Jika sobat belum menginstall XAMPP, sobat dapat mengikuti panduannya disini: Cara Install XAMPP di Windows – Panduan Lengkap

Terkadang karena berbagai keperluan, salah satunya ketika kita ingin menjalankan dua aplikasi (web) dengan versi PHP yang berbeda atau dengan dua database berbeda, kita ingin mengunakan dua xampp secara bersamaan.

Misal suatu aplikasi yang hanya bisa berjalan di PHP versi 5.3 keatas, namun sebelumnya telah ada aplikasi lain yang hanya bisa jalan di PHP versi <= 5.2,  atau ingin mencoba dua versi PHP yang berbeda.

Dengan kondisi tersebut, tidak mungkin kedua aplikasi tersebut digabungkan. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah:

  1. Menggunakan 2 versi PHP, namun dengan satu server database MySQL
  2. Menggunakan 2 versi PHP dan dengan 2 server MySQL yang berbeda

agar lebih jelas, kita akan mencoba kedua cara tersebut. Kali ini kita akan menggunakan 2 versi XAMPP, yaitu XAMPP 5.6.3 dengan PHP 5.6.3  dan XAMPP 1.8.3 dengan PHP versi 5.5.6.

Untuk file xampp nya dapat didownload di https://www.apachefriends.org/ atau di https://sourceforge.net/projects/xampp/files/XAMPP%20Windows/ untuk melihat semua versi yang ada,

Saya menggunakan versi yang portable dengan format exe, nama file nya seperti ini: xampp-portable-win32-5.6.3-0-VC11-installer.exe

Install XAMPP Lebih Dari Satu di Satu Komputer

Mari kita coba berbagai alternatif yang ada:

1.  Menggunakan 2 versi PHP, namun dengan satu server database MySQL

Langkah yang diperlukan adalah:

  1. Ekstrak/install kedua file xampp yang telah kita siapkan, file dapat di ekstrak di mana saja, saya mengekstraknya di didrive yang sama yaitu drive D
  2. Ubah port apache

    Default port yang digunakan adalah 8080,  salah satu xampp harus di konfigurasi dengan port yang berbeda misal 7777. Nantinya aplikasi/web akan di akses menggunakan alamat http://localhost dan http://localhost:7777.

    Misal kita akan merubah default port untuk yang XAMPP 1.8.3 menjadi 7777, maka yang perlu kita lakukan adalah membuka file httpd.conf (file konfigurasi apache) yang terletak di direktori apache/conf  cari kata-kata Listen 80 dan ServerName localhost:80 ubah angka 80 menjadi 7777

  3. Penting. Ubah juga port ssl nya
    Jika apache xampp 5.6.3 telah dijalankan misal lewat xampp-control, maka ketika kita menjalankan apache untuk xampp 1.8.3 (port 7777) maka biasanya akan muncul pesan error:

    18:46:45 [Apache] Problem detected!
    18:46:45 [Apache] Port 443 in use by "d:\xampp-5.6.3.0\apache\bin\httpd.exe" with PID 8736!
    18:46:45 [Apache] Apache WILL NOT start without the configured ports free!
    18:46:45 [Apache] You need to uninstall/disable/reconfigure the blocking application
    18:46:45 [Apache] or reconfigure Apache and the Control Panel to listen on a different port
    

    Dari pesan tersebut, kalau kita telusuri, ternyata ada port lain selain port 8080 yaitu port 443 yang merupakan port SSL, port ini langsung aktif ketika kita menjalankan apache xampp 1.8.3 tadi.

    Untuk mengatasi hal tersebut kita juga harus merubah port SSL nya, buka file httpd-ssl.conf yang ada di folder apache\conf\extra cari kata-kata 443 (misal: Listen 443 dan ServerName localhost:443), ganti 443 dengan 444, simpan.

    Jalankan kembali apachenya, seharusnya sudah bisa jalan seperti tampak pada gambar dibawah ini:Install XAMPP Lebih Dari Satu - Dua Apache Berjalan BersamaanKeterangan: gambar atas xampp 1.8.3 menggunakan port http 8080 dan post SSL 443, sedangkan gambar bawah xampp 5.6.3 dengan port http 7777 dan port SSL 444.

Sampai dengan langkah ini seharusnya kedua apache tersebut bisa langsung jalan, namun masih menggunakan mysql yang sama (dikarenakan portnya sama, yaitu 3306), baik mysql di xampp 1.8.3 atau di xampp 5.6.3

Perlu diperhatikan

Untuk MySQL dengan versi < 5.5 kedua server dapat berjalan bersama, namun jika kedua xampp yang kita jalankan memiliki versi MySQL yang baru, misal >= 5.5, maka ketika kita menjalankan server mysql yang kedua maka akan muncul error sebagai berikut:

Install XAMPP Lebih Dari Satu - Menjalankan Dua MySQL

error tersebut dikarenakan port 3306 telah digunakan oleh xampp yang menggunakan port 8080, untuk itu kita perlu untuk Mengubah port MySql,  yang akan dibahas pada artike berikut:

2.  Menggunakan 2 versi PHP,  dengan 2 MySQL Server yang berbeda

Langkah yang diperlukan sama dengan langkah pertama, yaitu kita hanya perlu untuk mengubah port MySQL nya.

Untuk mengubah port MySQL, buka file my.ini yang biasanya terletak di dalam folder XAMPP/mysql/bin/my.ini, kemudian cari kata-kata port = 3306, ganti port tersebut dengan port yang lain, misal 3307.

Pada contoh diatas kita ubah port MySQL yang berada di XAMPP 1.8.3.

Jalankan kedua xampp control panel, maka seharusnya keduanya dapat berjalan berdampingan, seperti contoh dibawah:

Install XAMPP Lebih Dari Satu - Menggunakan 2 versi PHP, dengan 2 MySQL Server yang berbeda.

MySQL telah berhasil kita jalankan, NAMUN, pertanyaan selanjutnya, bagaimana menjalankan phpmyadmin di server mysql yang berbeda?

3. Menjalankan phpmyadmin di server mysql yang berbeda

Setelah berhasil meng install xampp lebih dari satu, selanjutnya kita perlu menyesuaikan konfigurasi phpMyAdmin agar dapat mengakses kedua server MySQL yang telah kita buat sebelumnya.

Secara default, phpMyAdmin akan mengakses port 3306, untuk dapat mengakses port 3307 (server MySQL kedua), kita perlu merubah file konfigurasinya.

Buka file config.default.php yang terletak di folder phpMyAdmin\libraries, kemudian cari (Ctrl+F) kata-kata port, pilih baris dengan kata-kata $cfg['Servers'][$i]['port'] = ''

Dalam tanda kutip tersebut diatas, isikan dengan nilai port yang kita inginkan misal 3307, sehingga menjadi $cfg['Servers'][$i]['port'] = '3307';

Jalankan phpMyAdmin di browser dengan alamat sesuai dengan port apache yang telah kita tentukan tadi yaitu http://localhost/phpmyadmin dan http://localhost:7777/phpmyadmin, jika berhasil, maka akan tampak seperti gambar dibawah:

Install XAMPP Lebih Dari Satu - phpMyAdmin Dengan Dua MySQL Server

dari gambar diatas, terlihat bahwa pada localhost:7777 pada keterangan server, tertulis 127.0.0.1:3307

Tambahan: agar kedua apache dan mysql tersebut dapat otomatis jalan ketika kita menjalankan windows, sehingga kita tidak perlu menjalankannya secara manual, maka perlu kita install di service windows. untuk menginstallnya dapat dipaca di artikel berikut ini: Install Apache Service di Windows dan Install MySQL Service di Windows.

Demikian tutorial mengenai cara install xampp lebih dari satu di satu komputer, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Salam

Recomended Post

10 Feedback dari pembaca

Silakan tinggalkan komentar

Like Us

Dapatkan update artikel terbaru via E-Mail
  1. Tutorial PHP Form II: Menampilkan Hasil Input Form HTML dengan PHP
  2. Tutorial PHP Form I: Menghubungkan Form HTML dengan PHP
  3. Menampilkan Data Dari Beberapa Tabel MySQL – JOIN Pada MYSQL
  4. Memahami dan Menampilkan Tanggal dan Waktu Pada PHP
  5. Menghitung Selisih Waktu Dengan PHP – Cara Termudah
  6. Memahami Fungsi Date Pada PHP
  7. Memahami Fungsi Time, Strtotime, dan Mktime Pada PHP – Memanipulasi Waktu
  8. Memahami Zona Waktu (Timezone) dan Selisih Waktu Pada PHP
  9. Setting ODBC MySQL Untuk Gammu
  10. Cara Install dan Menggunakan Gammu di Windows