ffCCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
Update: 29-04-2016

Cara Install XAMPP di Windows – Panduan Lengkap

Hi sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lebih detail mengenai cara install XAMPP di Windows, tulisan ini cukup panjang, namun saya yakin akan membawa manfaat dan bisa menjadi tambahan informasi jika suatu saat sobat menemui kondisi seperti yang kita bahas disini, so.. mari kita ikuti bersama.

Daftar isi:

  1. Apa itu xampp dan apa kegunaannya?
  2. Teknik Download XAMPP
  3. Cara Install XAMPP di Windows
  4. Cara Menjalankan XAMPP di Windows
  5. Cara Mengubah Direktori Instalasi XAMPP
  6. Lebih Lanjut…

I. Apa itu xampp dan apa kegunaannya?

Sebelum membahas cara install xampp di windows, ada baiknya kita berkenalan dengan XAMPP. Menurut Wikipedia, XAMPP merupakan kependekan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MariaDB (M), PHP (P) and Perl (P), dari istilah diatas terlihat bahwa software ini terdiri dari software:

  1.  Apache Web Server yang digunakan untuk menjalankan program PHP,
  2. PHP untuk menjalankan program php itu sendiri,
  3. MariaDB (sebelumnya menggunakan MySQL) yang digunakan sebagai database. MariaDB adalah database open source yang merupakan “duplikasi” dari MysQL.
  4. Perl, opsi tambahan, jika kita ingin melakukan pemrograman perl.

sedangkan cross-platform sendiri maksudnya adalah software ini dapat digunakan untuk berbagai operating sistem, saat ini sudah mendukung penggunaan di Windows, Linux, dan MacOS.

Dari penjelasan diatas sudah dapat dibayangkan apa kegunaan XAMPP, yaitu sederhananya untuk menjalankan PHP dan MySQL, karena memang untuk kedua hal tersebut Software ini diperuntukkan.

II. Download XAMPP untuk windows

Download XAMPP Versi FULL Installer

Untuk mendownload file instalasi versi terbaru dari XAMPP (versi FULL bukan portable), sobat dapat mengunjungi official website dari XAMPP yang beralamat di www.apachefriends.org, pada halaman tersebut sobat dapat langsung mendownloadnya dengan mengklik tombol XAMPP for Windows dibagian download.

Halaman Depan Website Apache Friend

Keuntungan dari versi ini adalah kita dapat menginstall apache dan MySQL service melalui XAMPP Control Panel (dengan menjalankannya sebagai Administrator) diamping itu menu XAMPP akan ditambahkan pada start menu Windows

Download XAMPP Versi Portable Intaller

Jika sobat ingin men-download XAMPP Portable versi terbaru, sobat dapat langsung menuju link: https://sourceforge.net/projects/xampp/files/latest/download.

Ketika link di buka, maka otomatis akan mendownload file installer berbentuk (.exe).

Keuntungan dari versi ini adalah installer hanya akan mengekstrak file istalasi saja tidak ada perubahan dalam sistem windows, selain itu kita dapat memindahkan folder instalasi xampp dengan mudah.

Download XAMPP Versi Archive

Alternatif lain, sobat dapat langsung mengunjungi halaman sourceforge XAMPP di alamat  https://sourceforge.net/projects/xampp/files/ kemudian klik pada bagian Windows, selanjutnya akan muncul halaman baru yang berisi daftar direktori versi XAMPP, silakan klik versi yang diinginkan

File Installer XAMPP di Sourceforge

Misal kita klik pada 5.6.19, maka akan muncul daftar file installer xampp versi 5.6.19:

Contoh Jenis File Installer XAMPP

dari gambar diatas dapat di simpulkan setidaknya ada tiga jenis file yang tersedia, yaitu:

  1. XAMPP Full Installer merupakan installer XAMPP versi Full berbentuk file .exe – ukuran file paling besar.
  2. XAMPP Portable Installer yang berbentuk file .exe dan XAMPP Portable Archive yang dikemas dalam file archive (.7z dan .zip). Pada versi portable tidak terdapat FileZilla FTP dan Mercury Mail Server.
  3. XAMPP FULL Archive (XAMPP FULL – termasuk Filezilla dan Mercury Mail Server) yang berbentuk file archive (.7z dan .zip).

Keuntungan dari versi Archive (baik yang full maupun portable) adalah kita hanya perlu mengekstrak filenya saja kemudian menjalankannya tanpa perlu menginstall, namun untuk dapat menggunakannya, komputer kita harus terinstall Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable (4Mb),

  • Jika kita telah menggunakan xampp sebelumnya, maka kita bisa langsung menggunakan versi archive ini, karena Mic. Visual C++ sudah terinstall pada xampp sebelumnya.
  • Untuk versi portable yang berbentuk file .exe didalamnya sudah termasuk installer Microsoft Visual C++ 2008.

Penamaan Versi XAMPP

Sebelumnya XAMPP menggunakan penamaan versi sendiri hingga versi 1.8.3, pada versi tersebut, untuk mengetahui versi PHP yang digunakan, kita harus membaca file readme_en.txt yang terdapat pada folder instalasi.

Setelah itu penamaan versi mengikuti versi PHP yang digunakan sehingga mudah untuk diketahui versi berapa yang digunakan.

III. Cara Install XAMPP di Windows

Sampailah kita pada bagian utama yaitu cara install XAMPP di Windows. Untuk meng install xampp di windows, setidaknya terdapat dua cara yang dapat kita lakukan, yaitu:

  1. Jika sobat mendownload file archive (.7z atau .zip), sobat dapat langsung meng ekstraknya ke drive atau direktori yang diinginkan kemudian jalankan file setup_xampp.bat yang ada didalamnya, maka xampp akan mengkonfigurasi path/direktori yang digunakan, dan SELESAI.

    Cara Install XAMPP Portable di Windows
    selanjutnya sobat dapat langsung menuju bagian Cara Menjalankan XAMPP di Windows.

  2. Jika sobat mendownload versi installer maupun versi portable dengan bentuk file .exe, sobat dapat menginstall nya dengan menjalankan file exe tersebut, kemudian mengikuti ikuti wizard yang ada.

Wizard Instalasi

Langkah 1: Dobel klik file .exe, maka akan muncul kotak peringatan terkait User Account Control (khusus windows vista keatas).

Intinya hindari direktori C:\Program Files karena akan ada pembatasan hak akses sehingga menyebabkan XAMPP tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, selanjutnya klik OK untuk melanjutkan instalasi

Cara Install XAMPP di Windows - Notifikasi UAC

Langkah 2: Selanjutnya akan muncul halaman awal wizard, klik Next untuk melanjutkan.

Install XAMPP di Windows - Welcome Screen

Langkat 3: Selanjutnya kita memilih komponen yang ingin diinstall, komponen tambahan yang penting adalah MySQl/MariaDB dan phpMyAdmin, untuk komponen lainnya bisa di uncheck (tetapi perbedaan ukuran file tidak seberapa).

Untuk mudahnya, pilih pilihan default kemudian klik next untuk melanjutkan.

Cara Install XAMPP di Windows - Pilih Komponen

Langkah 4: Langkah selanjutnya pilih direktori dimana XAMPP akan kita install, usahakan lokasinya tidak satu drive dengan operating sistem, hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada OS kita, selanjutnya klik next.

Install XAMPP di Windows - Pilih Folder Instalasi

Langkah 5: Selanjutnya terdapat tawaran untuk mempelajari lebih lanjut tentang Bitnami yang merupakan installer untuk CMS populer yang dapat langsung diinstall ke XAMPP (url ref: https://bitnami.com/stack/xampp).

Untuk mudahnya hilangkan centangan dan klik next untuk melanjutkan.

Cara Install XAMPP di Windows - Penawaran Bitnami

Langkah 6: Proses instalasi mulai dijalankan, XAMPP akan mengekstrak file yang diperlukan dan melakukan konfigurasi seperlunya, proses ini akan memakan waktu cukup lama hingga beberapa menit.

Install XAMPP di Windows - Proses Install

Langkah 7: Proses instalasi selesai, XAMPP siap untuk digunakan, jika ingin langsung menjalankan XAMPP Control Panel, centang pilihan ‘Do you want to start the control panel now?‘, selanjutnya klik finish untuk menutup jendela instalasi.

Install XAMPP di Windows - Instalasi Selesai

 

IV. Cara menjalankan XAMPP di Windows

Setelah berhasil meng install xampp di windows, selanjutnya kita bahas cara menjalankannya.

Jika saat proses install sobat mencentang pilihan “Do you want to start the control panel now?” maka secara otomatis XAMPP Control Panel akan terbuka, jika tidak, dapat dijalankan melalui menu START > All Programs > XAMPP > XAMPP Control Panel.

Jika sobat menggunakan versi portable, dapat dilakukan dengan membuka folder instalasi kemudian dobel-klik file xampp-control.exe.

Selanjutnya, setelah XAMPP control panel terbuka,  jalankan module Apache dan MySQL dengan mengklik tombol start yang ada di sebelahnya. Jika tidak ada masalah maka akan muncul warna hijau pada module ini.

Cara Menjalankan XAMPP di Windows - XAMPP Control Panel

Selanjutnya kita  tes apakah software PHP dapat berjalan dengan baik. Buka browser dan ketikkan alamat http://localhost, jika berjalan dengan baik, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Cara Menjalankan XAMPP di Windows - Tes PHP di Localhost

Setelah sukses, sobat dapat mengosongkan folder htdocs dengan cara menghapus file yang ada didalamnya (file bawaan xampp) dan menggantinya dengan file php yang telah / akan sobat buat.

Cara Menjalankan XAMPP di Windows - Hapus File Bawaan xampp

V. Cara Mengubah Direktori Instalasi XAMPP

Jika suatu saat sobat berubah fikiran dan ingin mengubah direktori instalasi XAMPP, sobat cukup mengcopy-paste semua file hasil instalasi ke lokasi yang baru (berlaku untuk semua jenis installer baik .exe/archive).

Setelah itu klik file setup_xampp.bat, ketik angka 1 ketika ada pertanyaan konfirmasi dan ketik enter, secara otomatis XAMPP akan memperberui isi file konfigurasi merujuk ke lokasi yang baru.

cara_mengubah_direktori_xampp

Setelah mengubah direktori installasi XAMPP, untuk versi full install, sobat perlu menyesuaikan link shortcut XAMPP yang ada di start menu.

VI. Lebih Lanjut

Hal penting yang perlu sobat ketahui bahwa setiap kita menjalankan module Apache dan MySQL, kita harus menjalankan XAMPP Control Panel dan mengklik tombol start pada kedua module tersebut.

Hal tersebut tentu saja tidak praktis, terdapat cara lebih praktis yaitu kita jalankan kedua module tersebut sebagai service di windows sehingga keduanya akan aktif ketika windows start, untuk tutorial lengkapnya dapat sobat baca pada artikel: Install Apache Sebagai Service di Windows dan Install MySQL Service di Windows.

Selain itu jika sobat ingin menjalankan 2 XAMPP atau lebih di satu komputer, misal untuk menjalankan 2 versi PHP yang berbeda, atau menjalankan 2 MySQL server, sobat dapat membaca tutorialnya disini: Install XAMPP Lebih Dari Satu di Satu Komputer

Demikian tutorial mengenai cara install xampp di windows, semoga bermanfaat.

Jangan lupa beritahu rekan yang lain:

Recomended Post

Silakan tinggalkan komentar

Like Us

Dapatkan update artikel terbaru via E-Mail
  1. Memahami dan Menampilkan Tanggal dan Waktu Pada PHP
  2. Menghitung Selisih Waktu Dengan PHP – Cara Termudah
  3. Memahami Fungsi Date Pada PHP
  4. Memahami Fungsi Time, Strtotime, dan Mktime Pada PHP – Memanipulasi Waktu
  5. Memahami Zona Waktu (Timezone) dan Selisih Waktu Pada PHP
  6. Setting ODBC MySQL Untuk Gammu
  7. Cara Install dan Menggunakan Gammu di Windows
  8. Format Tanggal Indonesia Dengan PHP
  9. Cara Install MySQL Portable Zip File di Windows – Panduan Lengkap
  10. Memahami Statemen Return Pada PHP